Cara SmartTag Sulap Ponsel Galaxy Jadi "Radar" Pencari Barang Hilang

Kompas.com - 10/02/2021, 17:07 WIB
Samsung Smarttag SamsungSamsung Smarttag

KOMPAS.com - Samsung memperkenalkan aksesori baru bernama SmartTag awal Januari lalu.
Aksesori berbasis bluetooth ini berguna untuk menandai barang-barang penting agar mudah ditemukan jika hilang.

Cukup memasang SmartTag di benda apapun yang dikehendaki, seperti wearable device, tas, koper, kunci, hingga hewan peliharaan. Apabila benda-benda yang dipasangi SmartTag tersebut hilang, pencarian bisa lebih mudah dilakukan.

Baca juga: Mengenal Samsung SmartTag, Aksesori untuk Lacak Benda Kesayangan yang Hilang

Leo Hendarto Marathon, Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia mengatakan keterbatasan itu disebabkan oleh teknologi dan cara kerja SmartTag. Pelacakan SmartTag dilakukan dengan teknologi yang disebut "offline finding".

"Ini teknologi yang membedakan Samsung dengan fitur pencarian perangkat lainnya. Pengguna bisa mencari perangkat tanpa harus terkoneksi dengan jaringan telekomunikasi," jelas Leo di acara temu media yang digelar secara online pada Rabu (10/2/2021).

"Radar" ponsel Galaxy

Lokasi benda yang dipasangi SmartTag bisa dicari dengan memanfaatkan ponsel-ponsel Galaxy lain, di luar milik pengguna sendiri. Sebelum itu, SmartTag harus lebih dulu didaftarkan ke aplikasi Samsung SmartThings Find menggunakan akun Samsung.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apabila benda yang dipasangi SmartTag hilang, misalnya karena pengguna lupa di mana menaruhnya, aksesori ini akan mengirimkan sinyal Bluetooth Low Energy (BLE) ke pengguna smartphone Galaxy di sekitarnya.

Sinyal tersebut akan terdeteksi oleh smartphone Galaxy terdekat, yang kemudian mengirimkan informasi ke server SmartThings Find. Leo mengatakan semua perangkat Galaxy yang digunakan telah terdaftar ke Galaxy Find Network secara otomatis.

Baca juga: 3 Fitur Khusus Galaxy Buds Pro yang Hanya Aktif di Ponsel Samsung

Pemilik SmartTag kemudian akan mendapat notifikasi yang kira-kira berbunyi "your Galaxy SmartTag has been spotted by nearby Galaxy device" (Galaxy SmartTag anda telah ditemukan perangkat Galaxy terdekat).

Dengan kata lain, SmartTag memanfaatkan ponsel-ponsel Galaxy  yang ada di sekitar lokasinya sebagai semacam jaringan "radar" untuk membantu menemukan perangkat yang hilang. Leo mengklaim jangkauan SmartTag mencapai radius 120 meter.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X