Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dioprek, Nintendo Switch Bisa Jalankan Android 10 dan Game PlayStation

Kompas.com - 10/02/2021, 18:16 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Selain dapat memainkan judul-judul game Nintendo, konsol handheld Switch rupanya juga bisa menjalankan sistem operasi (OS) Android 10.

Hal ini berhasil diwujudkan oleh seorang developer bernama Switchroot. Pada tahun 2019 lalu, Switchroot sukses menggarap ROM custom Android, Lineage OS versi 15.1. Ketika itu ROM tersebut memungkinkan konsol Nintendo Switch menjalankan Android 8.1 (Oreo).

Belakangan, Switchroom kembali meluncurkan ROM custom Android versi terbaru, yakni Lineage OS 17.1 yang berbasis Android 10.

Bukan sekadar iseng, memasang OS Android memungkinkan konsol game Nintendo tersebut menjalankan aneka game milik konsol lain lewat emulator yang banyak tersedia di toko aplikasi App Store, mulai dari PlayStation 1, PSP, hingga Nintendo 64 dan Game Boy.

Baca juga: Nintendo Switch Masuk Daftar Gadget Berpengaruh dalam 10 Tahun

Switch pun tetap bisa menjalankan judul-judul game aslinya karena OS Android 10 dijalankan melalui kartu memori microSD, tidak di-flash ke ROM perangkat.

Dalam update ROM custom Lineage OS 17.1 yang  sebenarnya ditujukan untuk Nvidia Shield TV ini, Switchroot membuat stik analog Joy-Con bisa berfungsi sebagaimana mestinya, alih-alih hanya berperan sebagai D-pad 8-arah seperti sebelumnya.

Sistem operasi Android 10 ( LineageOS 17.1) berjalan di konsol game Nintendo SwitchYouTube/ LOE TECH Sistem operasi Android 10 ( LineageOS 17.1) berjalan di konsol game Nintendo Switch

Meski demikian, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Rabu (10/2/2021), masih ada sejumlah bug seperti beberapa game yang tidak mendukung Joy-Con D-pad. Kadang audio lewat Bluetooth juga masih tersendat-sendat.

Demonstrasi Android 10 di Switch untuk menjalankan aneka game konsol lain lewat emulator bisa dilihat di video YouTube di tautan berikut. ROM custom Lineage OS 17.1 untuk Switch bisa diunduh di situs ini.

Sebelum memasang OS Android pada Nintendo Switch, pengguna wajib mengumpulkan beberapa barang yang diperlukan, seperti konsol Nintendo Switch (dapat mengakses Recovery mode), satu buah kabel USB Type-C, kartu microSD (format FAT32), dan PC.

Baca juga: Penjualan Switch Lampaui Konsol Nintendo Lawas

Apabila kartu microSD tersebut sudah terlebih dahulu memuat OS Android 8.1, maka pengguna wajib mencadangkan data terlebih dahulu. Sebab, proses pemasangan Lineage OS 17.1 dapat menghapus seluruh data secara permanen.

Jika data sudah diamankan, pengguna dapat lanjut memasang Lineage OS 17.1 pada konsol Nintendo Switch. Selanjutnya, pengguna juga bisa memasang package yang tersedia di dalam OS, seperti Google Apps package, Alarm Disable ZIP, dan Xbox Joycon Layout ZIP.

Perlu dicatat bahwa ROM custom OS Android ini bukan resmi berasal dari Nintendo. Artinya, segala risiko ditanggung sendiri oleh pemilik perangkat Switch yang bersangkutan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com