Ini Gadget Pertama Buatan Nothing, Perusahaan Baru Pendiri OnePlus

Kompas.com - 10/02/2021, 18:51 WIB
Perusahaan baru Carl Pei, Nothing, tengah mengerjakan headphone nirkabel. SlashgearPerusahaan baru Carl Pei, Nothing, tengah mengerjakan headphone nirkabel.

KOMPAS.com - Setelah hengkang dari perusahaan smartphone OnePlus yang dirintisnya sejak 2013, Carl Pei akhirnya memulai bisnis baru dengan membuat perusahaan bernama Nothing.

Nothing sendiri pertama kali muncul ke publik pada akhir Januari 2021 lalu lewat akun Twitter dengan handle @Nothing. Ketika itu, belum jelas produk atau layanan apa yang akan dihadirkan Pei melalui Nothing.

Namun, baru-baru ini, Pei akhirnya mengonfirmasi bahwa produk pertama Nothing adalah earphone nirkabel, yang akan dirilis pada musim panas 2021.

“Kami akan mulai dengan produk yang lebih sederhana, yakni earbuds nirkabel. Kami akan memiliki banyak produk sepanjang tahun, tidak hanya produk audio," ungkap Pei.

Baca juga: Pendiri OnePlus Bikin Perusahaan Baru Nothing, Apa Produknya?

Kendati demikian, Pei mengaku Nothing tidak hanya akan berfokus pada perangkat audio saja, melainkan juga akan membangun ekosistem perangkat pintar.

"Ke depannya, kami akan menghadirkan berbagai perangkat elektronik yang dapat saling berkomunikasi," lanjutnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pei belum mengumbar bentuk atau spesifikasi earphone wireless besutannya. Namun dari penjelasan Pei, earphone tersebut kemungkinan akan memiliki fungsi seperti Pixel Buds buatan Google, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Slashgear, Rabu (10/2/2021).

Dengan Pixel Buds, pengguna dapat memanggil Asisten Google untuk mengontrol perangkat rumah pintar, menjawab pertanyaan, mengatur pemutar musik, hingga untuk navigasi.

Beberapa vendor lain juga melakukan hal serupa, misalnya adalah AirPods Apple dengan asisten digital Siri, serta speaker pintar Echo buatan Amazon dengan asisten digital Alexa.

Baca juga: Pasar Earphone Nirkabel Bakal Jadi Terbesar Kedua setelah Ponsel

Selain soal produk, Pei juga turut mengonfirmasi investor yang terlibat dalam proyek Nothing. Kali ini, perusahaan rintisannya itu mendapat suntikan dana 15 juta dollar AS (sekitar Rp 209,5 miliar) dari perusahaan modal ventura GV, milik Alphabet (induk Google).

Pei sendiri menolak untuk merinci kesepakatan dengan Alphabet dan enggan menyebutkan valuasi dari startup besutannya itu.

Sebelumnya, pada Desember 2020, Nothing juga diketahui telah mengumpulkan dana sebesar 7 juta dollar AS (sekitar Rp 98,9 miliar) dari sejumlah investor, termasuk pendiri Twitch, Kevin Lin; CEO Reddit, Steve Huffman; CEO Product Hunt, Josh Buckley; dan YouTuber Casey Neistat.



Sumber SlashGear
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.