Reddit Dapat Suntikan Dana Segar Rp 3,5 Triliun, Efek Saham GameStop Meroket?

Kompas.com - 10/02/2021, 19:24 WIB
ilustrasi Reddit businessinsider.comilustrasi Reddit

KOMPAS.com - Situs forum online Reddit mengumumkan telah mendapat kucuran dana segar dengan angka mencapai 250 juta dollar AS atau sekitar Rp 3,5 triliun. Investasi Seri E ini masuk setelah fenomena meroketnya saham GameStop yang melibatkan sub-forum Reddit. 

Nilai investasi itu pun menaikkan valuasi Reddit hingga dua kali lipat menjadi 6 miliar dollar AS atau setara Rp 83,9 triliun. Pada Februari 2019 lalu, valuasi Reddit tercatat senilai 3 miliar dollar AS (Rp 41,9 triliun).

Melalui blog resminya, Reddit mengatakan, pendanaan ini berasal dari sejumlah investor lama dan baru. Putaran pendanaan ini dipimpin oleh perusahaan ventura asal Dubai, Vy Capital, yang sudah menanamkan modal kepada Reddit sejak beberapa tahun lalu.

CEO Reddit, Steve Huffman, mengatakan bahwa Reddit saat ini merupakan pasar yang tepat untuk meningkatkan pendanaan para investor. 

Baca juga: Anak Elon Musk Ternyata Banyak Belajar dari YouTube dan Reddit

" Valuasi Reddit sekarang sangat tinggi. Tidak ada salahnya ketika ada kesempatan untuk melakukannya, dan tahun ini menjadi tahun yang sangat baik untuk Reddit," jelas Huffman.

Reddit jadi sorotan

Ucapan Steve Huffman di atas bukanlah tanpa sebab. Beberapa waktu belakangan, Reddit memang cukup mendapat sorotan karena turut berpengaruh dalam fenomena meroketnya harga saham perusahaan toko mainan dan video game, GameStop.

Sebagai informasi, harga saham GameStop meroket hampir menyentuh 1.000 persen sejak awal 2021. Padahal, perusahaan ini dianggap tidak memiliki fondasi yang kuat di bursa saham.

Meroketnya harga saham tersebut sejatinya didongkrak oleh langkah para investor pribadi yang tergabung dalam sub-forum Reddit bernama WallStreetBets, untuk membeli saham perusahaan tengah kesulitan.

Anggota sub-forum Reddit ini pernah berbondong-bondong membeli saham BlackBerry (BB), Macy's (M), AMC (AMC), dan yang paling menonjol, GameStop.

Baca juga: Saham GameStop Naik Drastis dan Catat Rekor Baru, Apa Pemicunya?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X