Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Jakarta, Internet Tercepat di Indonesia Ada di Kota Ini

Kompas.com - 13/02/2021, 16:01 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ookla, perusahaan pembuat aplikasi Speedtest yang digunakan untuk mengukur kecepatan internet, merilis sebuah laporan Speedtest Global Index terbarunya.

Laporan tersebut menganalisis beberapa hal terkait kecepatan internet dalam kurun waktu kuartal III-kuartal IV 2020 untuk masing-masing negara.

Salah satunya adalah kota dengan kecepatan internet tertinggi di masing-masing negara. Di Indonesia, kota dengan koneksi internet tercepat bukan berada di Kota Jakarta, melainkan Tangerang.

Tangerang memiliki kecepatan unduh (download) rata-rata 18,97 Mbps, kecepatan unggah (upload) 12,28 Mbps, dan latensi 26 ms.

Pada urutan kedua adalah Makassar yang mencatat kecepatan unduh rata-rata 18,50 Mbps, kecepatan unggah 11,13 Mbps, dan latensi 46 ms.

Barulah di urutan ketiga dihuni oleh Jakarta yang memiliki kecepatan unduh rata-rata 17,91 Mbps, kecepatan unggahan 10,81 Mbps, dan latensi 32 ms. Medan dan Palembang menempati urutan keempat secara berurutan.

Medan memiliki kecepatan internet hampir setara Jakarta, yakni kecepatan unduh rata-rata 17,75 Mbps, kecepatan unggah 10,57 Mbps, dan latensi 49. Sementara itu, Palembang memiiki kecepatan unduh rata-rata 17,57 Mbps, kecepatan unggah 12,69 Mbps, dan latensi 38 ms.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com