Bukan Jakarta, Internet Tercepat di Indonesia Ada di Kota Ini

Kompas.com - 13/02/2021, 16:01 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.

KOMPAS.com - Ookla, perusahaan pembuat aplikasi Speedtest yang digunakan untuk mengukur kecepatan internet, merilis sebuah laporan Speedtest Global Index terbarunya.

Laporan tersebut menganalisis beberapa hal terkait kecepatan internet dalam kurun waktu kuartal III-kuartal IV 2020 untuk masing-masing negara.

Salah satunya adalah kota dengan kecepatan internet tertinggi di masing-masing negara. Di Indonesia, kota dengan koneksi internet tercepat bukan berada di Kota Jakarta, melainkan Tangerang.

Tangerang memiliki kecepatan unduh (download) rata-rata 18,97 Mbps, kecepatan unggah (upload) 12,28 Mbps, dan latensi 26 ms.

Pada urutan kedua adalah Makassar yang mencatat kecepatan unduh rata-rata 18,50 Mbps, kecepatan unggah 11,13 Mbps, dan latensi 46 ms.

Barulah di urutan ketiga dihuni oleh Jakarta yang memiliki kecepatan unduh rata-rata 17,91 Mbps, kecepatan unggahan 10,81 Mbps, dan latensi 32 ms. Medan dan Palembang menempati urutan keempat secara berurutan.

Medan memiliki kecepatan internet hampir setara Jakarta, yakni kecepatan unduh rata-rata 17,75 Mbps, kecepatan unggah 10,57 Mbps, dan latensi 49. Sementara itu, Palembang memiiki kecepatan unduh rata-rata 17,57 Mbps, kecepatan unggah 12,69 Mbps, dan latensi 38 ms.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X