Berkat Find My iPhone, Ponsel yang Hilang Setahun Bisa Kembali

Kompas.com - 14/02/2021, 08:02 WIB
Lini iPhone 11 The VergeLini iPhone 11

KOMPAS.com - Fitur pelacakan yang disematkan pada sebagian besar smartphone kembali terbukti berguna untuk menemukan ponsel yang dicuri.

Kali ini, seorang pengguna Reddit dengan username Sweetmona1 mengaku berhasil menemukan kembali iPhone 11 miliknya yang dicuri pada 2020 lalu berkat fitur "Find My iPhone".

Sweetmona1 menceritakan, pada Maret 2020 mobilnya dibobol maling. Beberapa barang berharga miliknya yang berada di mobil raib digondol pencuri, termasuk iPhone 11 miliknya.

Ketika itu, ia langsung melacak iPhone miliknya dengan fitur pelacakan bawaan, Find My iPhone. Kemudian, ia mengaktifkan opsi "Mark As Lost" atau tandai sebagai perangkat hilang.

Menurut keterangan di laman Apple, opsi Mark As Lost ini memungkinkan pemilik iPhone untuk mengunci ponselnya dari jarak jauh menggunakan kode sandi. Fitur ini juga akan melacak keberadaan atau lokasi perangkat yang hilang tersebut.

Baca juga: Cara Melacak Ponsel yang Hilang, untuk Pengguna Android dan iPhone

Selama hampir satu tahun berlalu, Sweetmona1 tidak mendapatkan petunjuk apapun terkait nasib ponselnya. Namun, baru-baru ini, ia mengaku menerima email notifikasi bahwa iPhone miliknya kembali aktif dan terlacak oleh Find My iPhone.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengetahui iPhone miliknya kembali terlacak, Sweetmona1 langsung menelepon pihak kepolisian dan menjelaskan kejadian tersebut.

"Polisi segera pergi ke lokasi dan dalam waktu kurang dari satu jam, pencurinya sudah ditahan," kata Sweetmona1, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Uber Gizmo, Minggu (14/2/2021). iPhone 11 yang sempat lama hilang itu pun kembali ke tangan pemiliknya.

 

Fitur pelacakan bawaan perangkat Apple, Find My App.Apple Fitur pelacakan bawaan perangkat Apple, Find My App.

Pentingnya fitur pelacakan ponsel

Dalam halaman resminya, Apple mengatakan Find My iPhone dapat dimanfaatkan pengguna untuk mencari ponselnya yang hilang atau dicuri.

Jika fitur ini dimatikan, pengguna akan kehilangan kemampuan untuk melacak iPhone yang hilang. Risiko pencurian data-data yang ada di ponsel pun jadi lebih besar.

Halaman:


Sumber Uber Gizmo
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.