Tokopedia Ubah Kebijakan Privasi, Pengguna Diminta Baca

Kompas.com - 16/02/2021, 08:56 WIB
Ilustrasi Tokopedia Kompas.com/Wahyunanda KusumaIlustrasi Tokopedia

KOMPAS.com - Perusahaan e-commerce Tokopedia pekan lalu memperbarui kebijakan privasi penggunaan platformnya. Pengguna diminta membaca dan mempelajari seluruh isi kebijakan privasi baru ini.

Menurut External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, pembaruan ini merupakan komitmen perusahaan untuk mematuhi ketentuan atau peraturan perlindungan data pribadi yang berlaku di Indonesia.

"Transparansi mengenai penggunaan dan pemanfaatan informasi pengguna adalah hal yang penting bagi Tokopedia, maka kami mengimbau pengguna untuk membaca dan mempelajari seluruh isi kebijakan privasi yang telah diperbarui melalui https://www.tokopedia.com/privacy/," ujar Ekhel kepada Kompas.com, Kamis (11/2/2021) lalu.

Baca juga: Kesepakatan Merger Gojek-Tokopedia Sudah di Depan Mata?

Lantas, apa saja yang baru? Pantauan KompasTekno, Selasa (16/2/2021), kebijakan privasi terbaru ini secara garis besar mengubah narasi "Data" menjadi " Data Pribadi".

Kebijakan privasi teranyar Tokopedia ini juga menambahkan beberapa poin yang absen di kebijakan sebelumnya.

Di antaranya seperti poin "Keamanan, Penyimpanan dan Penghapusan Data Pribadi Pengguna", "Akses dan Perbaikan Data Pribadi Pengguna atau Penarikan Kembali Persetujuan", "Pengaduan terkait Perlindungan Data Pribadi Pengguna", dan "Hubungi Kami".

Perubahan kebijakan privasi penggunaan platform Tokopedia. Gambar sebelah kiri merupakan kebijakan lama yang diperbarui pada 2019 lalu, sedangkan gambar di sebelah kanan merupakan kebijakan teranyar yang baru saja di-update minggu lalu. KOMPAS.com/Bill Clinten Perubahan kebijakan privasi penggunaan platform Tokopedia. Gambar sebelah kiri merupakan kebijakan lama yang diperbarui pada 2019 lalu, sedangkan gambar di sebelah kanan merupakan kebijakan teranyar yang baru saja di-update minggu lalu.

Merevisi poin pengungkapan data

Selain menambahkan poin-poin baru, Tokopedia juga merevisi sejumlah poin dalam kebijakan privasi penggunaan platform, yang sebelumnya sudah berlaku.

Pembaruan ditekankan di poin ketiga yang berjudul "Pengungkapan Data Pribadi Pengguna", dimana startup rintisan William Tanuwijaya ini menegaskan bahwa mereka berkomitmen untuk menjaga kerahasiaan data pribadi penggunanya.

Namun, pengguna harus paham bahwa data pribadi mereka bisa saja dibagikan ke mitra penjual atau pihak ketiga lainnya, untuk kepentingan penggunaan platform.

Adapun berbagai kepentingan yang dimaksud diklaim telah disebutkan dalam daftar kebijakan privasi, dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca juga: Cara Mematikan Pelacakan Lokasi Facebook untuk Menjaga Privasi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X