Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karakter Manusia di Game Kini Bisa Dibikin Kurang dari Satu Jam

Kompas.com - 16/02/2021, 10:04 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Polygon

KOMPAS.com - Epic Games baru-baru ini resmi mengumumkan temuan terbarunya yang bernama MetaHuman Creator, sebuah tools berbasis browser yang mengandalkan kinerja mesin game Unreal Engine.

Nantinya, tools ini dapat digunakan oleh para pengembang game untuk menciptakan karakter game yang tampak realistis. Aplikasi ini berjalan menggunakan jaringan cloud melalui layanan Unreal Engine Pixel Streaming.

Menurut Vice President for Digital Humans Technology at Epic Games, Vladimir Mastlovic, salah satu tugas paling berat dalam mengembangkan game adalah menciptakan desain karakter dalam format tiga Dimensi (3D).

Baca juga: Tampilan Grafis Unreal Engine 5 Dipamerkan Pakai PlayStation 5

Hampir seluruh pengembang game "AAA" telah menciptakan karakter dengan format ini. Hal ini dilakukan agar karakter di dalam game tampak terlihat lebih nyata.

Meski demikian, proses tersebut tidak tergolong mudah. Dibutuhkan waktu berhari-hari hingga berminggu-minggu bagi para animator dan ilustrator berpengalaman untuk menciptakan satu buah karakter.

Kabar baiknya, teknologi yang dimiliki MetaHuman Creator diklaim mampu memungkinkan animator untuk menghemat proses pembuatan karakter, yang tadinya membutuhkan waktu satu pekan menjadi satu jam saja.

"Setelah puluhan tahun melakukan penelitian dan pengembangan, hambatan tersebut dapat dihilangkan menggunakan teknologi Unreal Engine dan kami dengan bangga memperkenalkan MetaHuman Creator," ungkap Mastlovic.

Melalui kanal YouTube Unreal Engine, pihak Epic Games turut mengunggah sebuah video demonstrasi singkat yang menunjukkan kemampuan MetaHuman Creator.

Secara garis besar, tools ini memungkinkan pengguna untuk membuat karakter dengan melakukan sejumlah kustomisasi, mirip seperti ketika sedang menciptakan karakter di game The Sims 4.

Baca juga: Ada Karakter Baru di Genshin Impact, Begini Cara Mendapatkannya

Programmer game dapat menentukan bentuk wajah, memindahkan posisi mata dan hidung, hingga memilih warna kulit yang nantinya akan diaplikasikan pada karakter.

Dihimpun KompasTekno dari Polygon, Selasa (16/2/2021), pihak Epic Games akan memberikan akses awal (early access) kepada para pengembang game dalam beberapa bulan ke depan.

Sementara waktu peluncuran versi full dari tools tersebut masih belum diketahui secara pasti. Cuplikan demo tools MetaHuman Creator bisa disaksikan melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Polygon


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com