Karakter Manusia di Game Kini Bisa Dibikin Kurang dari Satu Jam

Kompas.com - 16/02/2021, 10:04 WIB
Ilustrasi karakter game yang diciptakan melalui tools MetaHuman Creator YouTube/Unreal EngineIlustrasi karakter game yang diciptakan melalui tools MetaHuman Creator

KOMPAS.com - Epic Games baru-baru ini resmi mengumumkan temuan terbarunya yang bernama MetaHuman Creator, sebuah tools berbasis browser yang mengandalkan kinerja mesin game Unreal Engine.

Nantinya, tools ini dapat digunakan oleh para pengembang game untuk menciptakan karakter game yang tampak realistis. Aplikasi ini berjalan menggunakan jaringan cloud melalui layanan Unreal Engine Pixel Streaming.

Menurut Vice President for Digital Humans Technology at Epic Games, Vladimir Mastlovic, salah satu tugas paling berat dalam mengembangkan game adalah menciptakan desain karakter dalam format tiga Dimensi (3D).

Baca juga: Tampilan Grafis Unreal Engine 5 Dipamerkan Pakai PlayStation 5

Hampir seluruh pengembang game "AAA" telah menciptakan karakter dengan format ini. Hal ini dilakukan agar karakter di dalam game tampak terlihat lebih nyata.

Meski demikian, proses tersebut tidak tergolong mudah. Dibutuhkan waktu berhari-hari hingga berminggu-minggu bagi para animator dan ilustrator berpengalaman untuk menciptakan satu buah karakter.

Kabar baiknya, teknologi yang dimiliki MetaHuman Creator diklaim mampu memungkinkan animator untuk menghemat proses pembuatan karakter, yang tadinya membutuhkan waktu satu pekan menjadi satu jam saja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Setelah puluhan tahun melakukan penelitian dan pengembangan, hambatan tersebut dapat dihilangkan menggunakan teknologi Unreal Engine dan kami dengan bangga memperkenalkan MetaHuman Creator," ungkap Mastlovic.

Melalui kanal YouTube Unreal Engine, pihak Epic Games turut mengunggah sebuah video demonstrasi singkat yang menunjukkan kemampuan MetaHuman Creator.

Secara garis besar, tools ini memungkinkan pengguna untuk membuat karakter dengan melakukan sejumlah kustomisasi, mirip seperti ketika sedang menciptakan karakter di game The Sims 4.

Baca juga: Ada Karakter Baru di Genshin Impact, Begini Cara Mendapatkannya

Programmer game dapat menentukan bentuk wajah, memindahkan posisi mata dan hidung, hingga memilih warna kulit yang nantinya akan diaplikasikan pada karakter.

Dihimpun KompasTekno dari Polygon, Selasa (16/2/2021), pihak Epic Games akan memberikan akses awal (early access) kepada para pengembang game dalam beberapa bulan ke depan.

Sementara waktu peluncuran versi full dari tools tersebut masih belum diketahui secara pasti. Cuplikan demo tools MetaHuman Creator bisa disaksikan melalui tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Polygon
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.