Tokopedia Akui Bagikan Data Pengguna kepada Mitra

Kompas.com - 16/02/2021, 20:00 WIB
Logo Tokopedia TokopediaLogo Tokopedia

KOMPAS.com - Tokopedia beberapa waktu lalu memperbarui kebijakan privasi penggunaan platformnya. Salah satu poin kebijakan tersebut mengatur tentang pengungkapan data pribadi pengguna kepada mitra e-commerce tersebut.

Hal tersebut tercantum dalam kebijakan Poin C nomor 1a, yang berbunyi "dibutuhkan adanya pengungkapan Data Pribadi Pengguna kepada mitra atau pihak ketiga lain yang membantu Tokopedia dalam menyajikan layanan yang tersedia atau layanan yang di kemudian hari akan tersedia pada situs dan memproses segala bentuk aktivitas pengguna dalam situs, termasuk memproses transaksi, verifikasi pembayaran, promosi, dan pengiriman produk".

Tokopedia pun mengonfrimasi hal tersebut. External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, mengatakan pengungkapan data kepada mitra dilakukan untuk memberikan layanan di situs/aplikasi Tokopedia, melakukan riset atau pengembangan situs atau aplikasi, serta menyajikan konten yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

"Tokopedia juga mengonfirmasikan bahwa kami melakukan pengungkapan data kepada mitra yang bekerja sama dengan Tokopedia," ungkap Ekhel kepada KompasTekno, Selasa (16/2/2021).

Hal tersebut, menurut Ekhel, sejalan dengan salah satu DNA Tokopedia, yaitu "fokus pada konsumen". Namun, Ekhel tidak merinci pihak ketiga yang dimaksud.

Baca juga: Tokopedia Ubah Kebijakan Privasi, Pengguna Diminta Baca

Ekhel juga mengimbau agar pengguna Tokopedia mau membaca dan mempelajari seluruh isi kebijakan privasi yang telah diperbarui melalui laman https://www.tokopedia.com/privacy/.

Ekhel mengatakan, hal tersebut merupakan upaya Tokopedia untuk memastikan agar setiap pengguna memahami bagaimana informasi mereka digunakan dan memiliki kendali atas informasi pribadi mereka.

Meskipun data dapat dibagikan, Ekhel mengatakan Tokopedia tetap mengutamakan keamanan dan kerahasiaan data pengguna dalam setiap pengelolaannya.

"Kerahasiaan dan keamanan data pribadi pengguna akan selalu menjadi prioritas utama, dan ini akan terus menjadi upaya berkelanjutan dari kami, karena bisnis Tokopedia adalah bisnis kepercayaan," jelas Ekhel.

Dalam kebijakan terbaru, Tokopedia menambah beberapa poin baru yang belum ada di kebijakan sebelumnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X