Bill Gates Lontarkan Pujian untuk Elon Musk

Kompas.com - 19/02/2021, 11:33 WIB
CEO Tesla Elon Musk. AFP/Getty Images VIA CNBCCEO Tesla Elon Musk.

KOMPAS.com - Pendiri Microsoft, Bill Gates memuji pendiri sekaligus CEO perusahaan mobil listrik Tesla, Elon Musk.

Pujian itu datang lantaran Gates berpendapat bahwa Musk bersama mobil listrik Tesla buatannya, telah berkontribusi besar dalam menghadapi perubahan iklim yang terjadi saat ini.

"Penting untuk dikatakan bahwa apa yang Elon lakukan dengan Tesla adalah salah satu kontribusi terbesar bagi perubahan iklim yang pernah dilakukan siapa pun," kata Gates dalam sebuah podcast.

Menurut Gates, Musk memiliki "gagasan liar" yang kemudian mendorong perusahaan lain beradaptasi dengan teknologi yang lebih ramah lingkungan.

Baca juga: Profil Elon Musk, Sarjana Ekonomi Pendiri Tesla dan SpaceX

Termasuk baru-baru ini, Musk bersama dengan XPrize Foundation menggelar kompetisi "Carbon Removal" untuk memerangi perubahan iklim dengan total hadiah 100 juta dollar AS (sekitar Rp 1,4 triliun).

Melalui kompetisi tersebut, Musk ingin para parancang teknologi dapat mengembangkan mesin yang dapat menangkap sejumlah besar emisi karbon dioksida (CO2) langsung dari atmosfer atau lautan secara permanen.

Merespons kontribusi yang diberikan Musk, Gates pun mengatakan "Tak baik jika meremehkan Elon saat ini", sebagaimana dihimpun KompasTekno dari NDTV, Jumat (19/2/2021).

Sama-sama peduli isu lingkungan

Selain terkenal dermawan, Gates juga diketahui peduli terhadap isu perubahan iklim. Pendiri Microsoft ini juga menulis buku berjudul "How to Avoid a Climate Disaster: The Solutions We Have and the Breakthroughs We Need".

Ia bahkan mendorong adanya peralihan dari mobil konvensional ke mobil listrik, sebagaimana dihimpun dari CBS News.

Hal tersebut dikarenakan, menurut Gates, dunia perlu menghilangkan emisi gas rumah kaca dan mencegah peningkatan suhu yang dahsyat.

Baca juga: Elon Musk Bandingkan Kelarisan Tesla dan iPhone

Musk pun diketahui memiliki visi yang serupa. Bersama Tesla, Musk diketahui ingin menciptakan dan menghadirkan produk tanpa jejak karbon. Selain itu, 

Bahkan, pabrik Giga 1 Tesla di Nevada juga didesain sedemikian rupa agar menjadi fasilitas yang sustainable dan bersih sepenuhnya, serta juga dapat melakukan produksi tanpa jejak karbon.

Kendati demikian, keduanya dalam beberapa kesempatan juga sempat bersitegang. Misalnya saat Gates berkomentar tentang truk listrik buatan Tesla, yang menurutnya tidak cukup baik untuk membawa kargo berat dalam jarak jauh.

Elon Musk pun menanggapi komentar Gates itu dengan mengatakan "Dia (Bill Gates) tidak ngerti yang dia omongin", kata Musk.



Sumber NDTV
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X