Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter Siapkan Fitur Pesaing Clubhouse, Begini Tampilannya

Kompas.com - 19/02/2021, 12:01 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada Desember 2020 lalu, Twitter meluncurkan fitur "Spaces" dalam versi private beta untuk sebagian kecil pengguna iOS. Fitur ini sejatinya mirip dengan media sosial Clubhouse yang tengah naik daun.

FItur Spaces yang dibuat Twitter, juga berupa ruang obrolan berbasis audio yang di dalamnya terdapat host, pembicara, dan pendengar.

Terkesan tak mau kalah dari Clubhouse yang mendulang popularitas, Twitter agaknya mempercepat pengembangan fitur ruang obrolan berbasis audio miliknya itu.

Selama seminggu terakhir, Twitter telah melakukan sejumlah penyempurnaan pada bagian antarmuka Spaces.

Salah satu pembaruan penting ialah tampilan jumlah pembicara dan pendengar. Ketika masuk di ruang obrolan Spaces, pengguna dapat melihat daftar jumlah pengguna yang hadir.

Tampilan Space sekilas mirip dengan aplikasi Clubhouse. Di aplikasi Clubhouse, daftar pendengar atau pembicara yang hadir akan ditampilkan foto profil yang disusun dalam tiga kolom. Sedangkan Spaces disusun dalam empat kolom.

Baca juga: Deretan Orang Beken di Indonesia yang Sudah Tampil di Aplikasi Clubhouse

Dalam fitur Spaces, di bawah foto profil setiap pengguna yang hadir juga akan disematkan status untuk memberi keterangan apakah mereka host, pembicara, pendengar, atau pendengar yang meminta bergabung.

Selain tampilan peserta ruang obrolan, Twitter juga menyematkan pengaturan "manajemen tamu" untuk host dan pembicara. Dalam opsi tersebut, ada empat tab yang bisa dimanfaatkan oleh host dan pembicara.

Twitter tengah menyiapkan fitur baru untuk bersaing dengan Clubhouse. Social Media Today Twitter tengah menyiapkan fitur baru untuk bersaing dengan Clubhouse.

Pertama, tab "pembicara/speaker" untuk menunjukkan kapasitas pembicara yang ada. Space sampai saat ini baru didesain untuk mengakomodasi 10 pembicara. 

Dari tampilan tab "speaker", host atau speaker bisa melihat informasi nama, handle Twitter, serta mematikan mikrofon pembicara.

Kedua ada tab "permintaan/request". Tab ini menunjukkan permintaan bergabung dari pendengar yang baru hadir di sesi obrolan. Dengan tab ini, host atau pembicara dapat dengan mudah menambahkan pendengar yang ingin bergabung.

Selanjutnya ada tab "pendengar" serta tab "all" yang menunjukkan seluruh tab di opsi "manajemen tamu".

Baca juga: 5 Fakta tentang Clubhouse, Medsos Baru yang Tengah Naik Daun

Sedangkan khusus pengguna dengan status "pendengar", mereka hanya bisa melihat tab "speaker" dan "pendengar" saja.

Tampilan fitur Spaces milik Twitter dalam versi private beta.Social Media Today Tampilan fitur Spaces milik Twitter dalam versi private beta.

Selain itu, Twitter juga tengah mengembangkan penanda untuk pegguna Twitter yang sedang menjadi host di Twitter "Spaces", saat muncul di Fleets. 

Nantinya, foto profil pengguna yang sedang menjadi tuan rumah obrolan di "Spaces" akan dilingkari dengan cincin berwarna keunguan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com