Pertama Kali, Komputer ChromeOS Lebih Laris Dibanding MacOS

Kompas.com - 19/02/2021, 16:07 WIB
HP Chromebook 14 yang ditenagai prosesor AMD EngadgetHP Chromebook 14 yang ditenagai prosesor AMD

KOMPAS.com - Pengiriman komputer Chromebook dengan sistem operasi ChromeOS dari Google, untuk pertama kalinya menyalip komputer berbasis MacOS buatan Apple.

Menurut laporan terbaru firma riset IDC, pada tahun 2020 lalu, pangsa pasar ChromeOS berada di urutan kedua, tepat di bawah posisi pertama yang ditempati oleh laptop Windows. Sementara laptop dengan sistem operasi MacOS berada di urutan ketiga.

IDC hanya merinci pangsa pasar komputer (laptop, desktop, dan workstation) berdasar OS, tidak merinci berapa jumlah pengiriman komputer dengan masing-masing OS.

Baca juga: Acer: Indonesia Butuh 2 Tahun Lagi untuk Beralih ke Chromebook

Sebenarnya, pangsa pasar laptop Chromebook dengan sistem operasi ChromeOS sudah mengungguli PC desktop/laptop MacOS sejak kuartal II-2020, dan berlanjut hingga kuartal IV-2020.

Pada kuartal I-2020, MacOS masih unggul dengan pangsa pasar 5,8 persen, terpaut sangat sedikit dari Chromebook dengan pangsa pasar 5,3 persen. Sementara laptop Windows masih perkasa dengan pangsa pasar 87,5 persen.

Memasuki kuartal II-2020, kondisinya berubah, di mana Chromebook meraup pangsa pasar sebesar 10 persen, menyalip MacOS yang merengkuh pangsa 7,6 persen. Pangsa pasar Windows juga ikut turun ke angka 81,7 persen, namun tetap berada di posisi teratas.

Pangsa pasar Windows semakin turun ke angka 78,9 persen pada kuartal III-2020. Namun, MacOS dan ChromeOS justru naik di periode tersebut, dengan masing-masing menguasai 8,4 persen dan 11,5 persen pangsa pasar.

Pada kuartal IV-2020, pengiriman komputer ChromeOS terus bertambah, hingga mengungguli MacOS dengan pangsa pasar 14,4 persen, sementara MacOS turun ke angka 7,7 persen. Laptop dengan OS Windows juga kian turun ke angka 76,7 persen.

Terbesar di 2020

IDC mencatat angka pengiriman komputer PC pada kuartal IV itu menjadi yang paling besar sepanjang tahun 2020, di tengah kondisi pasar yang terus menurun. Namun IDC tidak menyebut berapa volume PC yang dikirimkan.

Baca juga: Pasaran PC Desktop Menurun di 2020, tapi Laptop Naik Dua Digit

Jika dilihat dari perbandingan year-over-year (YoY), laptop MacOS mengalami penurunan paling kecil dibanding komputer berbasis ChromeOS dan Windows.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X