Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Umumkan Office 2021

Kompas.com - 19/02/2021, 18:22 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Microsoft resmi mengumumkan Office 2021. Paket software produktivitas yang ditujukan bagi pengguna pribadi dan bisnis kecil ini diperkirakan mulai tersedia pada akhir 2021 untuk Windows dan MacOS. 

Fitur-fitur baru yang disematkan pada Office 2021 masih belum diungkap oleh Microsoft. Tapi yang pasti, harganya disebut tak akan berubah dari sebelumnya. Untuk model pembelian "one time purchase", Microsoft memberikan masa dukungan hingga 5 tahun untuk Office 2021.

Baca juga: File Microsoft Office Kini Bisa Langsung Diedit dari Gmail

"Kami tidak berencana mengubah harga untuk produk ini pada waktu rilis. Kami akan mengumumkan detail selengkapnya tentang fitur baru yang disertakan di Office 2021 mendekati waktu ketersediaan," tulis Microsoft di halaman resminya.

Satu hal lain yang diduga bakal hadir di Office versi terbaru adalah tampilan antarmuka dengan mode gelap alias dark mode, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Jumat (19/2/2021).

Tampilan mode gelap di Microsoft WordMicrosoft Tampilan mode gelap di Microsoft Word

Selain Office 2021, Microsoft juga bakal merilis paket software produktivitas lain bernama Office Long Term Servicing Channel (LTSC). Berbeda dari Office 2021, Office LTSC ditujukan bagi pelanggan komersil atau korporat yang membutuhkan layanan Office jangka panjang.

Dalam laman resmisnya, Microsoft menyebutkan bahwa Office LTSC dirancang untuk pelanggan dengan kondisi spesifik, misalnya industri menggunakan sistem atau aplikasi berjangka panjang sehingga tidak dapat berubah setiap bulan.

Baca juga: Siap-siap Microsoft Office Bakal Lemot di Laptop MacBook Baru

Contohnya seperti industri medis (seperti yang digunakan untuk pemindaian MRI dan CAT), pengontrol proses industri, dan perangkat kontrol lalu lintas udara.

Microsoft mengatakan Office LTSC anyar ini akan mencakup peningkatan di aspek aksesibilitas, kapabilitas seperti Dynamic Arrays dan XLOOKUP di Excel, dukungan mode gelap di beberapa aplikasi, dan peningkatan kinerja di Word, Excel, Outlook, dan PowerPoint.

Seperti Office 2021, Office LTSC dijadwalkan akan mulai tersedia pada akhir 2021. Keduanya sama-sama dipaketkan dengan aplikasi OnePad bawaan serta tersedia dalam versi 32-bit dan 64-bit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com