Kabel Fiber Optik Indonesia-Singapura Putus

Kompas.com - 19/02/2021, 18:50 WIB
Ilustrasi kabel fiber optic IstimewaIlustrasi kabel fiber optic

KOMPAS.com - Jaringan kabel fiber optik Indonesia ke arah Singapura mengalami gangguan. Kabel bawah laut yang membawa koneksi internet tersebut dilaporkan putus di salah satu segmen.

Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Jamalul Izza, mengatakan masalah ini dialami salah satu kabel laut internasional. Gangguan terjadi di segmen Ancol-Bangka.

Baca juga: Mengenal Jaringan Kabel Bawah Laut, Jalan Tol Internet Dunia

"Salah satu kabel laut international ke arah Singapura terjadi cut di segmen Ancol-Bangka," kata Jamal kepada KompasTekno, Jumat (19/2/2021).

Ia tidak memberikan rincian sistem atau jaringan internet mana saja yang terkena dampak. Namun, Jamalul mengatakan masalah tersebut sudah terjadi sejak Jumat (19/2/2021) pagi.

Kendati demikian, menurut Jamalul, sudah dilakukan pengalihan rute (reroute) ke jalur lain. Meski begitu, saat ini masih terjadi kelambatan akses internet.

"Saat ini memang sudah dilakukan reroute, tetapi, memang beberapa masih terjadi kelambatan akses. Kejadiannya sudah dari tadi pagi," lanjut Jamalul.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jamalul juga tidak menjelaskan penyebab putusnya kabel internet tersebut.

Koneksi MyRepublic dilaporkan bermasalah

Berdasarkan pantauan KompasTekno di situs Downdetector, sejumlah pengguna internet MyRepublic melaporkan terjadinya gangguan sejak Jumat (19/2/2021) pagi. Laporan tersebut sebagian besar berasal dari pengguna di wilayah Jakarta.

Belum diketahui apakah gangguan ini disebabkan oleh putusnya kabel fiber optik Indonesia-Singapura atau bukan. Pasalnya, di lini masa Twitter, sebagian kecil pengguna mengatakan sudah mengalami gangguan sejak beberapa hari lalu.

Baca juga: Bukan Jakarta, Internet Tercepat di Indonesia Ada di Kota Ini

KompasTekno pun sudah menghubungi pihak MyRepublic, namun, belum mendapatkan respon.

Baca juga: Trafik Internet Indonesia Melonjak



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.