Larisnya Aplikasi Clubhouse dan Medsos Berbasis Audio

Kompas.com - 19/02/2021, 19:29 WIB
ilustrasi aplikasi media sosial Clubhouse Global Timesilustrasi aplikasi media sosial Clubhouse
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Clubhouse sedang naik daun. Apalagi setelah CEO Tesla Elon Musk dan CEO Facebook Mark Zuckerberg ikut nimbrung untuk berbicara lewat aplikasi media sosial berbasis audio tersebut.

Angka unduhan Clubhouse pun melonjak. Menurut laporan dari firma riset aplikasi App Annie, jumlah download aplikasi Clubhouse meningkat dari 3,5 juta pada 1 Februari 2021 menjadi 8,1 juta pada 16 Februari 2021.

Baca juga: 5 Fakta tentang Clubhouse, Medsos Baru yang Tengah Naik Daun

Artinya, Clubhouse diunduh 4,6 juta kali hanya dalam dua pekan. Jumlah total unduhannya pun meningkat jadi lebih dari dua kali angka sebelumnya dalam periode waktu yang relatif singkat tersebut. 

Padahal Clubhouse hingga sekarang baru tersedia di platform iOS saja. Versi Android sedang dikembangkan, tapi belum jelas akan dirilis kapan.

Dalam laporan App Annie, Amerika Serikat disebut merupakan pasar terbesar bagi aplikasi Clubhouse. Negeri Paman Sam tersebut dilaporkan menyumbang lebih dari 2,6 juta dari total jumlah unduhan.

Jumlah unduhan Clubhouse meningkat drastis selama dua pekan pertama di Februari 2021, menurut firma riset aplikasi App AnnieApp Annie Jumlah unduhan Clubhouse meningkat drastis selama dua pekan pertama di Februari 2021, menurut firma riset aplikasi App Annie

Soal jumlah penggunanya, pada Januari lalu, Co-founder Clubhouse Paul Davison mengungkap angka 2 juta pengguna aktif mingguan. Jumlahnya kini mungkin sudah jauh lebih besar, apabila dilihat dari lonjakan download di dua minggu pertama bulan Februari.

Baca juga: Aplikasi Clubhouse Belum Bisa di Android dan Sebagian iPhone

Beberapa aplikasi media sosial berbasis audio semacam Clubhouse juga dilaporkan mengalami peningkatan jumlah unduhan, seperti Dizhua, Tiya, dan Yalla. Aplikasi ini kabarnya cukup menarik perhatian pengguna China, Amerika Serikat, Mesir, Arab Saudi, hingga Turki.

Dizhua misalnya, iklaim telah diunduh sebanyak 174.000 kali. Kemudian, Tiya mencatat 6 juta instalasi, sementara Yalla 34,5 juta unduhan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tech Crunch, Jumat (19/2/2021).

Di samping itu, ada juga sejumlah aplikasi berbasis audio yang belakangan mulai populer berkat kehadiran Clubhouse diantaranya seperti Sonar, Locker Room, Quilt, Yoni Circle, Roadtrip, Space, Capiche.fm, Yac, Cappuccino, dan lainnya.

Tak hanya di ranah internasional, Clubhouse pun mulai populer di kalangan pengguna di Indonesia.

Baca juga: Deretan Orang Beken di Indonesia yang Sudah Tampil di Aplikasi Clubhouse

Popularitasnya didorong oleh konsep unik yang ditawarkan. Alih-alih video call, pengguna berdiskusi hanya dengan mendengarkan suara dari partisipan yang bergabung di dalam ruang perbincangan.

Di dalam aplikasi Clubhouse, pengguna bisa terhubung dengan siapapun untuk mendengarkan dan melakukan percakapan yang membahas berbagai topik. Mulai dari pembahasan pribadi hingga topik perbincangan publik.



Sumber TechCrunch
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X