YouTube di Android Bisa Putar Video 4K, "Bug" atau Bukan?

Kompas.com - 22/02/2021, 08:08 WIB
Ilustrasi YouTube cnet.comIlustrasi YouTube

KOMPAS.com - Selama ini, tayangan 4K yang tersebar di YouTube hanya bisa dinikmati di perangkat yang memiliki layar beresolusi 4K juga, seperti aneka smart TV hingga berbagai smartphone Sony Xperia.

Namun, hal itu kini bukan merupakan sebuah keharusan. Pasalnya, YouTube sudah mengizinkan pengguna memutar konten video 4K di platformnya, meski resolusi layar smartphone pengguna lebih rendah.

Klaim tersebut pertama kali terungkap dari pengujian yang dilakukan oleh seorang pengguna, dan diposting di forum Reddit (u//Liskowskyy). Ia mengaku bahwa smartphone miliknya bisa menyetel video 4K (2160p).

Baca juga: AnTuTu Ungkap Resolusi Layar dan Prosesor Terpopuler di Android

Penasaran, KompasTekno langsung menjajalnya di tiga smartphone kami yang beresolusi Full HD Plus (1.080 x 2.400 piksel), yaitu Xiaomi Mi 10T Pro, Oppo Reno5 5G, dan Black Shark 3.

Hasilnya, video berkualitas 2160p memang bisa dipilih di ketiga smartphone tersebut. Uniknya, apabila dilihat secara teliti, detail video yang ditampilkan tampak sangat tajam, meski resolusi layar lebih rendah dibanding resolusi video yang ditampilkan.

Xiaomi Mi 10T Pro, Black Shark 3, dan Oppo Reno5 5G yang mendukung video 4K di YouTube.KOMPAS.com/Bill Clinten Xiaomi Mi 10T Pro, Black Shark 3, dan Oppo Reno5 5G yang mendukung video 4K di YouTube.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini konon disebabkan oleh bitrate dalam video 2160p, yang sebenarnya lebih tingg dibanding video 1440p atau 720p. Bitrate adalah banyaknya data (bit) yang diproses tiap detik dalam sebuah video.

Berdasarkan laman Support Google, bitrate dalam video 4K sendiri bakal berkisar di angka 35 - 45 Mbps untuk frame rate 24, 25, atau 30 fps;  dan 53 - 68 Mbps untuk frame rate 48, 50, atau 60 fps.

Baca juga: YouTube Ungkap Nilai Penghasilan YouTuber, Tembus Ratusan Triliun Rupiah

Sedangkan video 1080p hanya memiliki bitrate berkisar di angka 8 Mbps untuk frame rate 24, 25, dan 30 fps; serta 12 Mbps untuk frame rate 48, 50, dan 60 fps.

Terlepas dari angka bitrate, belum diketahui apakah fitur ini merupakan sebuah bug atau memang pembaruan yang diterapkan oleh pihak YouTube. Sebab, baik YouTube maupun Google belum mengumumkannya secara resmi.

Yang jelas, perubahan ini agaknya berlaku dari sisi server (server-side), alias tidak terpaku pada versi aplikasi YouTube (client-side). Aplikasi YouTube yang terpasang di tiga smartphone kami juga memiliki versi berbeda.

Artinya, pengguna smartphone Android bisa menikmati video 4K meski aplikasi YouTube mereka bukan versi terbaru, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari XDADevelopers, Senin (21/2/2021).

Adapun pengguna iPhone sendiri sudah bisa menikmati tayangan video 4K di YouTube secara resmi, apabila sistem operasi yang terpasang sudah diperbarui ke iOS 14.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X