Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Galaxy Buds Pro, Earphone TWS Jagoan Baru Samsung

Kompas.com - 22/02/2021, 11:14 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung kembali merilis True Wireless Stereo (TWS) terbaru bulan Januari lalu.
Adalah Galaxy Buds Pro, penerus Galaxy Buds Plus yang menjadi TWS jagoan baru Samsung.

Tidak hanya ganti nama. TWS ini juga memiliki beberapa perubahan dan peningkatan fitur dibanding pendahulunya. Perbedaan paling kentara ada di charging case. Bukan lagi berbentuk lonjong bak kapsul, Galaxy Buds Pro memiliki charging case persegi.

Baca juga: Samsung Galaxy Buds Pro Resmi, Harga Rp 2 Jutaan

Bahan cangkangnya juga berbeda. Di Galaxy Buds Pro, material casing terasa sedikit kasar dan tidak mengilap seperti Galaxy Buds Plus. Untuk earbuds, desainnya masih agak mirip dengan sebelumnya.

Hanya ada sedikit perbedaan di sisi depan, di mana Galaxy Buds Pro memiliki touchpad yang sepenuhnya bundar. Sementara Buds Plus berbentuk mirip segitiga dengan sisi-sisi yang membulat.

(ki-ka) earbuds Galaxy Buds Pro dan Galaxy Buds Plus yang memiliki sedikit perbedaan di sisi depan.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma (ki-ka) earbuds Galaxy Buds Pro dan Galaxy Buds Plus yang memiliki sedikit perbedaan di sisi depan.

Touchpad tersebut digunakan untuk mengontrol perangkat saat dipasang ke telinga. Kendati bentuknya berbeda, Buds Pro ternyata tetap masih nyaman digunakan di telinga, tapi juga tidak mudah lepas ketika pengguna banyak bergerak.

Selain itu, bobotnya pun terasa ringan. Masih seperti Galaxy Buds sebelumnya, Buds Pro didukung teknologi audio AKG.

Isi kotak kemasan Galaxy Buds Pro

Selain unit earbuds dan charger casing, di dalam kotak kemasan juga tersedia beberapa aksesori penunjang. Aksesori tersebut di antaranya eartips dua set dengan berbagai macam ukuran, kabel USB-C untuk mengisi daya, dan buku panduan.

Isi kotak kemasan Galaxy Buds Pro.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Isi kotak kemasan Galaxy Buds Pro.

Earphone TWS ini kompatibel dengan smartphone dan tablet yang berjalan dengan sistem operasi Android 7.0 atau yang lebih baru.

Baca juga: 3 Fitur Khusus Galaxy Buds Pro yang Hanya Aktif di Ponsel Samsung

Meskipun demikian, Galaxy Buds Pro akan lebih optimal apabila dipasangkan dengan perangkat Samsung untuk mengaktifkan fitur ekstra seperti Auto Switch yang praktis untuk berpindah device sumber audio. 

Ada fitur ANC dan ambient sound

Tak lupa, Samsung juga menyematkan fitur ctive Noise Cancellation (ANC) yang bisa diatur pengguna lewat aplikasi Wearable Device di smartphone untuk mengurangi suara bising dari lingkungan sekeliling. Level noise cancelling bisa diatur hingga level tertinggi 99 persen.

Perlu mendengar suara dari sekitar? Galaxy Buds Pro pun dilengkapi fitur ambient sound yang bisa diatur dari level 1-4, di mana pada level 4, suara ambient bisa ditingkatkan hingga 20 desibel.

Intelligent ANC berguna ketika pengguna perlu berbicara dengan orang lain di tengah-tengah kegiatan mendengar musik dari Galaxy Buds Pro.

Secara otomatis, intelligent ANC akan beralih ke ambient sounds sehingga pengguna  bisa lebih mudah mendengar suara lawan bicara tanpa harus mematikan ANC atau mencopot earbuds.

Tamoilan Galaxy Buds Pro dari depan.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Tamoilan Galaxy Buds Pro dari depan.

Earphone TWS ini dilengkapi 3 mikrofon. Dua mikrofon berada di sisi luar earbuds dan satu lainnya ada di dalam telinga.

Selain itu, Galaxy Buds Pro juga memiliki sistem two-ways speaker dan ukuran speaker yang lebih besar dibanding pendahulunya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com