Kecepatan Internet di Indonesia Dilaporkan Meningkat, Ini Angkanya

Kompas.com - 23/02/2021, 18:11 WIB

KOMPAS.com - Bersama dengan HootSuite, perusahaan media asal Inggris We Are Social kembali merilis laporan kecepatan internet di masing-masing negara, termasuk Indonesia.

Dalam laporan "Digital 2021" yang diterbitkan pada 11 Februari lalu tersebut, terungkap bahwa kecepatan internet di Indonesia mengalami peningkatan dibandingkan kondisi pada waktu yang sama tahun lalu.

Tercatat bahwa rata-rata kecepatan unduh (download) untuk perangkat mobile (smartphone/tablet dll.) di Indonesia adalah 17,26 persen. Angka kecepatan download itu mengalami peningkatan sebesar 24,8 persen dibanding tahun lalu.

Baca juga: Jumlah Pengguna Internet Indonesia 2021 Tembus 202 Juta

Sementara untuk internet kabel (fixed) yang terhubung ke rumah/kantor, kecepatan rata-ratanya adalah 23,32 Mbps (download). Angka tersebut menurut riset Hootsuite meningkat 16 persen dibandingkan kondisi tahun lalu.

Rata-rata kecepatan unduh (download) pada perangkat mobile di IndonesiaWe Are Social Rata-rata kecepatan unduh (download) pada perangkat mobile di Indonesia

Dari segi pengguna, total jumlah pengguna internet di Indonesia pada awal 2021 telah mencapai angka 202,6 juta, dengan penetrasi hingga 73,7 persen.

Dari jumlah tersebut, 195,3 juta pengguna internet di Indonesia mengakses internet dengan menggunakan smartphone, sementara 2,5 persen lain masih menggunakan ponsel fitur.

Dalam satu hari, dilaporkan rata-rata masyarakat Indonesia (dalam rentang umur 16 hingga 64 tahun) menghabiskan waktu sebanyak lima jam empat menit para perangkat mobile untuk mengakses internet.

Baca juga: Pengalaman Main Game Mobile di Indonesia Dapat Nilai Buruk

Adapun aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pengguna berbasis Android di Indonesia secara berurutan meliputi WhatsApp, Facebook, Instagram, TikTok, serta Twitter.

Secara keseluruhan, jumlah perangkat mobile yang telah terkoneksi ke jaringan internet di Indonesia meningkat, jumlahnya adalah 345,3 juta.

Uniknya, jumlah perangkat tersebut lebih tinggi dibanding total populasi Indonesia, yang mencapai 274,9 juta penduduk hingga Januari 2021 lalu, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari We Are Social, Selasa (23/2/2021).

Ini artinya, satu orang bisa memiliki lebih dari satu perangkat yang terhubung dengan internet.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.