TikTok Bakal Terjun ke Bisnis E-commerce di Indonesia?

Kompas.com - 24/02/2021, 13:04 WIB
Ilustrasi tiktok
TechSpotIlustrasi tiktok

KOMPAS.com - Aplikasi berbagi video pendek TikTok nampaknya bakal mengekspansi bisnisnya ke ranah e-commerce di Indonesia. Hal ini terbukti dari lowongan pekerjaan yang dibuka TikTok Indonesia.

Menurut pantauan KompasTekno di platform profesional LinkedIn, ada banyak posisi yang ditawarkan TikTok di Indonesia, untuk bidang e-commerce.

Adapun posisi yang tersedia adalah Creator Development Support Spesialist, Business Development, Platform Risk Management & Services, Customer Service Specialist, Community Partnership Manager, User and Campaign Operation Specialist, Category Lead, Logistic Operations, Seller Development Support Specialist, dan Category Management Specialist.

Baca juga: Kominfo Resmi Blokir TikTok Cash

Masing-masing posisi memiliki syarat yang berbeda, namun rata-rata pelamar harus memiliki pengalaman setidaknya dua hingga di atas lima tahun. KompasTekno telah menghubungi perwakilan TikTok di Indonesia untuk mengonfirmasi kabar ini.

Namun, hingga berita ini ditayangkan, belum ada tanggapan dari pihak TikTok. Informasi selengkapnya tentang lowongan bidang e-commerce TikTok di Indonesia bisa dilihat di tautan berikut.

Isu bikin e-commerce

Lowongan kerja di layanan e-commerce ini seakan memvalidasi kabar yang berhembus beberapa waktu lalu. Anak perusahaan ByteDance itu disebut-sebut siap merambah layanan e-commerce untuk bersaing dengan media sosial lainnya, seperti Facebook.

Facebook sendiri telah merilis Facebook Shop. Sementara anak perusahaanya, Instagram juga memiiki fitur Instagram Shop yang dirilis pada 2020 lalu.

Baru-baru ini, reverse-engineer Matt Navarra membocorkan bahwa tab "product" muncul di baris pemrograman aplikasi TikTok. Fitur tersebut kemungkinan masih dalam tahap pengembangan.

Baca juga: TikTok Disebut Siapkan E-commerce, Ingin Saingi Facebook?

"Baru! TikTok menambahkan tab "produk" ke Favorite. Tiktok Shops siap mengalahkan Instagram Shops di tahun 2021", tulis Matt di akun twitter dengan handle @MattNavarra.

E-commerce disebut-sebut akan menjadi strategi TikTok untuk menarik perhatian influencer dan para brand agar mereka tidak hanya menjadikan media sosial ini sebagai tempat promosi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X