Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mode Gelap Resmi Hadir di Google Maps Versi Android

Kompas.com - 24/02/2021, 15:07 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah sempat diuji coba pada September 2020 lalu, Google akhirnya resmi menggulirkan fitur dark mode atau mode gelap di aplikasi Maps berbasis Android.

Mode ini akan mengubah latar belakang peta menjadi berwarna paling gelap, sedangkan gambar jalanan akan ditampilkan dengan warna abu-abu yang sedikit lebih terang.

Sementara itu, teks nama jalan, ikon, dan pin tetap bisa terlihat dengan jelas. Meskipun mode gelap diaktifkan, teks, pin, dan ikon masih memiliki warna yang lebih cerah.

Ada tiga warna yang ditampilkan sebagai penanda situasi lalu lintas. Warna merah untuk situasi kemacetan, kuning menandakan adanya hambatan, dan hijau artinya kondisi jalanan lancar, sama seperti Maps dalam mode terang.

Baca juga: Google Maps Kini Bisa Tampilkan Rute dan Mode Street View Bersamaan

Tampilan Google Maps Dark Mode di Androidandroidpolice.com Tampilan Google Maps Dark Mode di Android
Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Police, Rabu (24/2/2021), fitur dark mode di Google Maps bisa dipilih melalui menu baru "Appearance" yang ada di halaman Settings.

Di sana terdapat tiga opsi tampilan yang ditawarkan, yakni "Always in Light theme (terang)", "Always in Dark theme (gelap)", dan "Same as device theme (default)".

Baca juga: Begini Tampilan Awal Google Maps yang Dirilis 16 Tahun Lalu

Jika pengguna memilih "Always in Light theme" maka Google Maps hanya akan menampilkan mode terang. Sementara pilihan "Always in Dark theme" dapat dipilih untuk menampilkan mode gelap.

Sedangkan opsi "Same as device theme", Google Maps akan menyesuaikan mode gelap/terang sesuai tema yang digunakan pada ponsel.

Anda cukup mengklik opsi "Always in Dark theme" lalu pilih Save untuk menerapkan mode gelap tersebut. Secara otomatis, tampilan Google Maps akan berubah dengan didominasi warna gelap.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, sejumlah pengguna Google Maps di Indonesia belum mendapat update atau fitur dark mode tersebut. Kemungkinan, mode gelap ini akan disebarkan secara bertahap.

Kendati demikian belum diketahui kapan mode ini akan hadir untuk Google Maps versi iOS.

Mode gelap saat ini memang tengah menjadi tren. Mode gelap dipercaya lebih ramah pada mata pengguna dan bisa membuat baterai perangkat jadi lebih tahan lama.

Sebagai informasi, layanan peta digital ini sebenarnya sudah memiliki mode malam. Namun, mode tersebut hanya akan aktif ketika Google Maps digunakan dalam kondisi minim cahaya.

Baca juga: Fitur Baru Google Maps Tampilkan Informasi Persebaran Pasien Covid-19

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com