Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Umumkan BARS, Aplikasi Musik Rap Pesaing TikTok

Kompas.com - 01/03/2021, 07:44 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Facebook

KOMPAS.com - Facebook belum menyerah untuk menyaingi popularitas aplikasi video pendek TikTok. Setelah Lasso dan Collab, perusahaan rintisan Mark Zuckerberg itu memperkenalkan sebuah aplikasi lain bernama BARS.

Menurut penuturan Facebook, aplikasi ini ditujukan bagi pengguna millenial yang doyan menyanyikan lagu bergenre hip hop atau rap.

Sama seperti TikTok, pengguna BARS bisa merekam sebuah video pendek yang disertai dengan iringan musik atau lagu. Bedanya, aplikasi ini menawarkan aneka lagu favorit dari sejumlah rapper ternama.

Ketika merekam video yang diiringi musik, pengguna bisa menggunakan beragam efek suara, salah satunya adalah auto-tune. Efek ini digunakan untuk membuat kualitas rekaman suara menjadi lebih bagus.

Facebook sendiri mengklaim rekaman yang dibuat melalui aplikasi BARS bakal memiliki kualitas yang ciamik dan setara dengan hasil rekaman studio.

Baca juga: Facebook Tutup Lasso, Aplikasi Serupa TikTok

Selain efek suara, BARS juga memiliki fitur auto-suggest. Fitur ini berguna untuk memberi petunjuk bagaimana lirik atau nada sebuah lagu rap dinyanyikan.

Meski demikian, belum jelas apa saja fitur-fitur yang ada di aplikasi ini secara lengkap. Namun, melihat tampilan awal aplikasi BARS, terdapat sejumlah fitur ala TikTok, seperti "Featured" dan "New" yang serupa dengan "Following" dan "For You".

Artinya, pengguna kemungkinan bisa menelusuri berbagai konten BARS lainnya dengan cara mengusap layar ke atas (swipe up) atau ke bawah (swipe down).

Untuk ketersediaan, saat ini BARS baru tersedia di toko aplikasi Apple App Store (iOS) region Amerika Serikat dan masih dalam tahap uji coba, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Tech Crunch, Senin (1/3/2021).

Sebagai informasi, selain BARS, Facebook juga punya aplikasi berbasis musik lain yang bernama Lasso dan Collab yang fitur-fiturnya kurang lebih mirip aplikasi TikTok.

Lasso sendiri sudah ditutup pada pertengahan 2020 lalu setelah diuji coba sekitar kurang lebih 2 tahun.

Baca juga: Facebook Luncurkan Aplikasi Mirip TikTok Bernama Collab

Alasannya konon karena Facebook ingin lebih fokus ke fitur Reels di Instagram, sebuah fitur perekaman video pendek yang juga mirip fitur utama TikTok.

Adapun Collab hingga saat ini masih dalam versi beta dan hanya tersedia bagi sekelumit pengguna iOS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Facebook
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com