Kompas.com - 01/03/2021, 18:41 WIB
Ilustrasi toko GameStop. MarketInsiderIlustrasi toko GameStop.

KOMPAS.com - Harga saham perusahaan aneka pernik Game, GameStop Corporation (GME) menjadi perbincangan hangat di media sosial lantaran tampak berfluktuasi dalam beberapa waktu belakangan.

Harga saham GameStop sempat melambung tinggi hingga menyentuh angka 468 dolar AS per lembar karena dipicu oleh tekanan dari para investor amatir di internet, terutama di forum Reddit yang berbondong-bondong membeli saham tersebut.

Baru-baru ini firma analisis risiko konten media sosial, PiiQ Media mengungkapkan bahwa akun bot yang ada di jejaring sosial ternyata ikut serta menjadi pendorong tren pembelian saham GME dalam beberapa waktu belakangan. 

Baca juga: Apa Itu GameStop, Perusahaan Game yang Sahamnya Belakangan Meroket?

Kesimpulan tersebut diambil PiiQ setelah memeriksa pola-pola kata kunci tertentu yang berkaitan dengan perusahaan GameStop di seluruh percakapan dan profil di media sosial Twitter, Facebook, Instagram, dan YouTube antara 28 Januari hingga 18 Februari.

Adapun kata kunci tersebut adalah "Hold the Line" dan nama saham GameStop "GME", sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Reuters, Senin (1/3/2021).

Kendati demikian, tidak ada informasi jelas seberapa besar pengaruh bot media sosial tersebut dalam kaitannya dengan fluktuasi harga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mendongkrak kata kunci

Akun bot memang kerap digunakan sebagai alat oleh para pihak yang ingin mendongkrak sebuah kata kunci agar menjadi populer di media sosial dengan membuat konten secara otomatis. Inilah yang terjadi dengan saham Gamestop (GME) menurut PiiQ.

Selama kurun waktu sebulan, PiiQ mengidentifikasi adanya "pola mulai dan berhenti" yang sangat mirip antara unggahan terkait GameStop di media sosial dengan kegiatan perdagangan saham GameStop di awal dan lonjakan pembelian di akhir sesi perdagangan.

Co-founder dan Chief Technology Officer PiiQ, Aaron Barr mengungkapkan pola seperti itu mengindikasikan adanya penggunaan akun bot.

Sebab, jika suatu akun media sosial membuat konten organik, hasilnya akan bervariasi setiap harinya. Namun dalam kasus GameStop ini, PiiQ melihat pola yang sama persis setiap hari selama satu bulan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.