Cara Menggunakan Fitur "OK Google" di Ponsel Android dan iOS

Kompas.com - 01/03/2021, 20:35 WIB
Fitur Google Assistant Bisa Membacakan dan Menerjemahkan teks pada website CNETFitur Google Assistant Bisa Membacakan dan Menerjemahkan teks pada website

KOMPAS.com -Googe memiliki software asisten pribadi bernama Assistant yang bisa dipanggil dengan mengucap "OK Google" di ponsel Android. Selain di Android, Assistant juga tersedia di perangkat iOS.

Asisten pintar ini bisa diperintah lewat suara untuk melakukan berbagai macam hal, mulai dari membuka aplikasi, memutar musik, membuka rute jalan, menelepon seseorang, membuat pengingat, hingga mengirim e-mail.

Baca juga: Google Dikabarkan Rayu Samsung agar Ganti Bixby dengan Assistant

Apabila Anda belum dapat menggunakan Google Assistant di Android atau iOS, mungkin ada langkah-langkah yang mesti dilakukan terlebih dahulu. Selengkapnya sebagai berikut, seperti dihimpun KompasTekno dari PC Magazine, Senin (1/3/2021).

Google Assistant di Android

Biasanya fitur ini sudah langsung tersedia di perangkat Android. Jika ternyata ponsel Anda belum dibekali dengan aplikasi Google Assistant, tak perlu risau karena bisa diunduh secara mandiri melalui Play Store.

Perlu diketahui juga, Google Assistant hanya bisa berjalan di sistem operasi Android 5.0 atau yang lebih baru serta aplikasi Google versi 6.12 atau lebih baru. Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu perangkat sudah kompatibel untuk mengoperasikan asisten pintar.

Melalui opsi Bahasa, pengguna bisa memilih bahasa Indonesia untuk berinteraksi dengan Google Assistant.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Melalui opsi Bahasa, pengguna bisa memilih bahasa Indonesia untuk berinteraksi dengan Google Assistant.
Untuk melakukan konfigurasi, pengguna hanya perlu membuka pengaturan > Google > layanan Akun > Penelusuran, Asisten & Suara> Asisten Google.

Di sana, nantinya konfigurasi asisten virtual Google bisa diubah sesuai dengan keinginan. Misalnya pengguna bisa mengajari Google Assistant untuk mengenali suara ketika memanggilnya dengan mengucap "OK Google" di opsi "Voice Match".

Asisten digital ini hanya akan muncul apabila yang mengucap "OK Google" adalah orang yang suaranya sudah dikenali.

Cara lainnya untuk memanggil Assistant adalah dengan menekan dan menahan tombol "home".

Selain itu, pengguna bisa memilih berbagai bahasa ketika memberikan perintah ke Google Assistant. Secara default, asisten virtual ini menggunakan bahasa Inggris.

Baca juga: Google Assistant Kini Bisa Bacakan Isi Website dalam Bahasa Indonesia

Namun, pengguna dari Indonesia tetap bisa memerintahkan Google Assistant dalam bahasa ibu dengan cara menambahkan bahasa Indonesia melalui opsi "Bahasa".

Di samping itu, pengguna juga bisa mengatur pilihan tipe suara yang digunakan oleh Google Assistant dan pengaturan lainnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X