Fitur "Pay Later" Traveloka Akan Dibawa ke Thailand dan Vietnam

Kompas.com - 02/03/2021, 15:15 WIB
Ilustrasi Traveloka Office techinasia.comIlustrasi Traveloka Office

KOMPAS.com - Perusahaan rintisan (startup) unicorn Traveloka berencana meluncurkan layanan keuangan fintech (tekfin) berupa fitur "pay later" di Thailand dan Vietnam.

Peluncuran ini dilakukan jelang persiapan Traveloka melantai di bursa saham Amerika Serikat melalui SPACs (Special purposes acquisition companies), yang rencananya dilakukan tahun ini.

Fitur pay later telah dirilis di Indonesia beberapa tahun lalu. Ekspansinya ke Thailand dan Vietnam dilakukan atas pertimbangan kondisi bisnis Traveloka, setelah sempat terpukul akibat pandemi Covid-19.

Seperti diketahui, sejak awal pandemi, banyak negara menutup pintu pariwisata dari pelancong internasional. Beberapa juga memperketat pariwisata domestik. Kini, Traveloka sedang mencari cara untuk menguatkan kembali bisnisnya.

Baca juga: Traveloka Bersiap Melantai di Bursa Saham Amerika Serikat Tahun Ini

Presiden Traveloka, Caesar Indra mengatakan bisnis Traveloka di Vietnam hampir kembali ke level normal seperti sebelum Covid-19. Di Thailand, bisnis mereka hampir sepenuhnya kembali pulih.

Sementara di Indonesia, Indra mengatakan sudah berada di kondisi separuh mendekati level normal lama (sebelum Covid-19).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Hal terburuk telah terjadi dan sekarang kami menyiapkan sebaik-baiknya untuk tahun 2021. Pariwisata domestik menuju pemulihan," kata Indra.

Indra mengatakan, rencana perusahannya untuk berinvestasi di layanan tekfin akan menarik lebih banyak konsumen untuk berwisata di Vietnam dan Thailand. Menurut Indra, bisnis pariwisata mulai kembali menghasilkan keuntungan pada akhir 2020.

"Baru-baru ini kami membentuk joint venture dengan salah satu bank terbesar di Thailand untuk berkolaborasi di area tekfin," kata Indra.

Selain itu, Traveloka juga membuka peluang untuk bekerja sama dengan mitra lain yang potensial di Vietnam, namun Indra masih belum menyebut, siapa yang akan diajak bekerja sama.

Baca juga: Tak Perlu Ganti Aplikasi Gojek Saat ke Singapura, Thailand, dan Vietnam

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.