Menjajal Kamera Xiaomi Redmi 9T, Sebagus Apa Hasil Fotonya?

Kompas.com - 02/03/2021, 18:03 WIB
Xiaomi resmi merilis Redmi 9T di Indonesia. Ponsel kelas menengah ini punya baterai 6.000 mAh. KOMPAS.com/YUDHA PRATOMOXiaomi resmi merilis Redmi 9T di Indonesia. Ponsel kelas menengah ini punya baterai 6.000 mAh.
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Redmi 9T adalah ponsel anyar dari Xiaomi yang menyasar pasar kelas menengah dengan harga yang kompetitif. Ponsel ini resmi masuk ke Indonesia pekan lalu.

Dengan harga mulai Rp 1,9 juta, Redmi 9T dibekali empat kamera belakang. Kamera utamanya (wide) beresolusi 48 MP dengan bukaan f/1.8.

Kemudian ada kamera ultrawide 8 MP f/2.2, kamera makro 2 MP f/2.4, dan depth sensor 2 MP f/2.4. Sementara di bagian depan, ada kamera selfie 8 MP f/2.05 dalam poni berbentuk tetesan air.

Baca juga: Unboxing dan Menjajal Xiaomi Redmi 9T Versi Indonesia

Untuk menunjang fotografi, Redmi 9T juga dibekali sejumlah fitur, seperti mode portrait untuk menghasilkan gambar bokeh, dan night mode untuk mengambil gambar dalam kondisi minim cahaya.

Lalu, bagaimana hasil jepretan kamera Redmi 9T ini? Dari pengamatan KompasTekno, secara keseluruhan, gambar yang dihasilkan kamera Redmi 9T cukup baik. Namun, tentu saja ada kelebihan dan kekurangan yang dimiliki.

Salah satu kelebihannya, kamera utama Redmi 9T dengan resolusi 48 MP bisa menghasilkan detail gambar yang apik, apalagi jika memotret dalam kondisi cahaya yang cukup.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hasil jepretan kamera utama 48 MP dengan posisi lebih close up pada objek. Terlihat bahwa detail yang ada di dedaunan masih terlihat cukup baik. Namun, warna yang dihasilkan sedikit berbeda dengan kondisi nyata. Warna dedaunan yang kami potret sedikit lebih pucat. KOMPAS.com/YUDHA PRATOMO Hasil jepretan kamera utama 48 MP dengan posisi lebih close up pada objek. Terlihat bahwa detail yang ada di dedaunan masih terlihat cukup baik. Namun, warna yang dihasilkan sedikit berbeda dengan kondisi nyata. Warna dedaunan yang kami potret sedikit lebih pucat.
Seperti pada gambar di atas. Detail tetesan air yang ada di atas dedaunan masih terlihat dengan jelas, meski dalam jarak yang tidak begitu dekat. Namun, kami mendapati bahwa warna yang dihasilkan sedikit lebih pucat dibandingkan kondisi nyata.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Xiaomi Redmi 9T di Indonesia

Selain kamera utama 48 MP, Redmi 9T juga memiliki kamera ultrawide 8 MP f/2.2. Sudut pandang yang dihasilkan kamera ini cukup luas. Akan tetapi, detail gambar yang dihasilkan tidak sebaik kamera utama.

Perbandingan hasil jepretan lensa ultrawide (kiri), lensa wide 48 MP (kamera utama) tanpa zoom, dan lensa wide 48 MP dengan Zoom 2X. KOMPAS.com/YUDHA PRATOMO Perbandingan hasil jepretan lensa ultrawide (kiri), lensa wide 48 MP (kamera utama) tanpa zoom, dan lensa wide 48 MP dengan Zoom 2X.
Xiaomi Redmi 9T juga dibekalikamera depth sensor 2 MP untuk menghasilkan efek bokeh. Kami mengapresiasi bokeh yang dihasilkan dari kamera ponsel ini.

Dari hasil pemotretan dalam beberapa kondisi, bokeh yang dihasilkan masih terlihat akurat dan natural, bahkan dalam kondisi minim cahaya.

Perbandingan hasil kamera belakang dengan efek bokeh di kondisi cukup cahaya (kiri) dan minim cahaya. Meski diambil dalam kondisi pencahayaan yang berbeda, efek bokeh yang dihasilkan masih terlihat baik dan akurat. Latar belakang objek yang buram terlihat natural.KOMPAS.com/YUDHA PRATOMO Perbandingan hasil kamera belakang dengan efek bokeh di kondisi cukup cahaya (kiri) dan minim cahaya. Meski diambil dalam kondisi pencahayaan yang berbeda, efek bokeh yang dihasilkan masih terlihat baik dan akurat. Latar belakang objek yang buram terlihat natural.
Kamera depan Redmi 9T pun dibekali dengan mode portrait. Kamera ini memiliki resolusi 8 MP dengan bukaan f/2.0.

Baca juga: Membandingkan Spesifikasi Xiaomi Redmi 9T vs Poco M3

Bokeh yang dihasilkan pun tidak meleset dan terlihat lebih natural. Warna yang dihasilkan juga sesuai dengan kondisi nyata dengan detail yang masih terbilang tajam.

Kamera depan Xiaomi Redmi 9T memiliki resolusi 8 MP. Kamera depan ponsel ini juga bisa menampilkan efek bokeh. Gambar sebelah kiri merupakan hasil kamera depan tanpa efek bokeh. Sementara foto sebelah kanan hasil jepretan dengan bokeh. Efek buram yang dihasilkan pada latar belakang terlihat cukup apik dan natural. Warna yang dihasilkan pun akurat sesuai kondisi nyata dalam pencahayaan yang cukup. . KOMPAS.com/YUDHA PRATOMO Kamera depan Xiaomi Redmi 9T memiliki resolusi 8 MP. Kamera depan ponsel ini juga bisa menampilkan efek bokeh. Gambar sebelah kiri merupakan hasil kamera depan tanpa efek bokeh. Sementara foto sebelah kanan hasil jepretan dengan bokeh. Efek buram yang dihasilkan pada latar belakang terlihat cukup apik dan natural. Warna yang dihasilkan pun akurat sesuai kondisi nyata dalam pencahayaan yang cukup. .
Selain itu, Xiaomi Redmi 9T juga dibekali dengan kamera makro 2 MP untuk menjepret foto dari jarak sangat dekat.

Nah, hasil foto Redmi 9T selengkapnya bisa Anda lihat melalui dalam galeri foto di tautan berikut ini.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X