Kompas.com - 03/03/2021, 08:05 WIB
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Situs benchmarking kamera, DxOMark, baru-baru ini merilis ulasan lengkap kinerja fotografi dari ponsel flagship terbaru Samsung, yaitu Galaxy S21 Ultra.

Berdasarkan laporan, skor overall dari ponsel tersebut adalah sebesar 121 poin. Galaxy S21 Ultra memiliki skor foto sebesar 128 poin, Zoom 76 poin, dan video 98 poin.

Meskipun termasuk salah satu yang paling tinggi saat ini, skor yang diperoleh tersebut masih lebih rendah dari flagship Samsung sebelumnya, Galaxy S20 Ultra, yang posisinya lebih unggul dengan skor keseluruhan sebesar 126 poin.

Baca juga: Menjajal Kamera Samsung Galaxy S21 Ultra, Begini Hasil Jepretannya

Salah satu yang menjadi kelemahan Galaxy S21 Ultra, menurut DxOMark, adalah kinerja kedua lensa telefoto yang kurang maksimal. Gambar yang dihasilkan dinilai kurang tajam dan memiliki detail warna yang kurang baik.

Kedua kamera telefoto ini sama-sama menggunakan sensor beresolusi 10 MP. Tapi lensa yang digunakan berbeda, yakni lensa dengan focal length 70mm (ekuivalen full frame) f/2.4 untuk telefoto 3x, serta lensa periskop dengan focal length 240mm f/4.9 untuk telefoto 10x.

Skor kamera Galaxy S21 Ultra versi DxOMark untuk foto, zoom, dan perekaman videoDxOMark Skor kamera Galaxy S21 Ultra versi DxOMark untuk foto, zoom, dan perekaman video

Dengan jangkauan zoom optis 10x (dibanding kamera utama), kamera telefoto Galaxy S21 bisa melakukan pembesaran digital dengan lebih baik ketimbang kamera telefoto Galaxy S20 sebelumnya, meskipun resolusinya kalah besar (10 MP berbanding 48 MP).

Biasanya, teknik pembesaran optis menengah (3x) dipakai untuk pemotretan mode portrait, sedangkan pembesaran optis jarak jauh (10x) digunakan untuk melihat detail obyek di kejauhan.

Terlepas dari kekurangan tersebut, hasil jepretan Galaxy S21 Ultra secara keseluruhan dinilai cukup baik. Namun, ada catatan soal autofokus yang dinilai kurang stabil. Noise juga sedikit terlihat, baik di dalam maupun di luar ruangan.

Untuk kinerja kamera wide (108 MP, f/1.8) dan ultra wide (12 MP, f/2.2), DxOMARK mencatat bahwa gambar yang ditampilkan memiliki exposure yang akurat.

Baca juga: Benarkah Kamera Galaxy S21 Ultra Memalsukan Foto Bulan?

Menurut DXOMark, warna-warna cerah yang dihasilkan memiliki tingkat saturasi yang tinggi. Sebaliknya, tingkat saturasi akan berkurang apabila mengambil objek dalam kondisi gelap.

Halaman:
Sumber gsmarena


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.