Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DJI Rilis FPV Drone, Bisa Rekam Video First Person di Kecepatan Tinggi

Kompas.com - 03/03/2021, 09:29 WIB
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Setelah didului beragam rumor, DJI akhirnya memperkenalkan drone anyar buatannya yang bernama FPV Drone. Seperti namanya, drone ini ditujukan khusus untuk perekaman video dari sudut pandang orang pertama (first person view/FPV).

Video FPV biasa ditampilkan di beragam ajang balap mobil atau motor profesional, di mana kamera menampilkan sudut pandang si pembalap. Nah, karena dirancang untuk FPV, maka drone ini dibekali dengan sejumlah teknologi pendukung.

Salah satunya adalah teknologi DJI OcuSync yang memungkinkan drone memiliki tingkat respons yang gesit. Sehingga, sang pengendali drone bisa mengontrol alat tersebut dengan cepat untuk menghindari halangan atau obyek di depannya.

Baca juga: Masuk Daftar Hitam AS, Bagaimana Nasib Drone Buatan DJI?

Agar bisa melihat lebih nyata dan seakan tengah "terbang" di udara, operator drone juga bisa memakai sebuah aksesori yang dinamai DJI FPV Goggles V2.

DJI mengklaim kacamata ini dibekali dengan teknologi wireless mumpuni dengan bitrate tinggi (50 Mbps) yang bisa menyesuaikan laju dan kecepatan drone ketika merekam video.

DJI sendiri mengklaim FPV Drone bisa melesat hingga kecepatan 140 km/jam dengan tingkat akselerasi yang bisa menyentuh angka 100 km/jam dalam dua detik. Perangkat ini juga bisa dikontrol dari jarak yang jauh, maksimal 10 km.

DJI FPV Drone dipakai bersamaan dengan DJI FPV Goggles V2.Petapixel DJI FPV Drone dipakai bersamaan dengan DJI FPV Goggles V2.
DJI FPV Drone sendiri memiliki beberapa mode perekaman. Di antaranya seperti standard low-latency HD, Smooth, Audience, Normal, Manual, hingga Sport Mode.

Ada pula fitur Emergency Brake and Hover untuk mencegah drone tertabrak benda lainnya ketika melaju dengan kecepatan tinggi, serta Visual Positioning Sensors (VPS) yang memungkinkan perangkat mendarat dan lepas landas dengan mulus.

Untuk perekaman videonya sendiri drone ini mendukung format 4K dengan frame rate 60 fps dan bitrate 120 Mbps. Kamera drone juga bisa merekam video 1080p dengan frame rate 120 fps. 

Baca juga: Peneliti Malaysia Bikin Drone dari Daun Nanas

Supaya perekaman tetap stabil ketika bermanuver, DJI turut membekali perangkat ini dengan gimbal single-axis yang dilengkapi dengan teknologi penstabil gambar DJI rockSteady.

U DJI FPV Drone dijual dalam paket bundling (DJI FPV Combo) yang dibanderol 1.299 dolar AS (sekitar Rp 18,5 juta), sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PetaPixel, Rabu (3/3/2021).

Selain unit drone, pengguna juga bakal mendapatkan remote controller, FPV Goggles V2, kabel-kabel pendukung, dan satu baterai.

Ada juga beberapa komponen lainnya yang dijual terpisah, seperti dua paket Intelligent Flight Batteries dan charging hub yang dijual seharga 299 dolar AS (sekitar Rp 4,2 juta) dan Motion Controller yang dilego dengan harga 199 dolar AS (sekitar Rp 2,8).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Peta Pixel
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.