Instagram Tak Sengaja Sembunyikan Jumlah "Like" di Indonesia

Kompas.com - 03/03/2021, 14:10 WIB
Instagram Likes IstInstagram Likes
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Sejak 2019 lalu, Instagram berencana untuk menyembunyikan hitungan "likes" (sukai) secara global agar penggunanya tidak terobsesi dengan angka tersebut. 

Kebijakan itu untuk sekarang baru diuji coba di beberapa negara, termasuk Indonesia, dengan melibatkan sebagian kecil pengguna.

Meski demikian, belakangan ada sejumlah pengguna Insagram di Indonesia yang mengatakan bahwa mereka sudah tidak bisa melihat jumlah like di posting masing-masing. Mereka mengungkapkan hal ini di Twitter.

Baca juga: Instagram Mulai Sembunyikan Jumlah Like di Indonesia

"Niceee saat nya posting feed dengan tenang tanpa insecure tidak di like oleh teman-teman," kicau seorang pengguna Instagram dengan handle @ThisIsMahargian di Twitter, disertai tangkapan layar yang memperlihatkan jumlah like sudah menghilang.

Meski demikian, sebagian pengguna Instagram lainnya di Indonesia mengaku yang masih bisa melihat hitungan likes, salah satunya adalah akun Twitter @susantotanggono.

Hal ini lantas menimbulkan pernyataan, apakah Instagram sudah menerapkan kebijakan tersebut secara merata?

Ternyata tak sengaja

Instagram ternyata tak sengaja menambahkan sejumlah orang ke dalam daftar uji coba menghilangkan hitungan like. Pihak pengelola jejaring sosial tersebut mengatakan kesalahan ini terhadi akibat "bug".

Baca juga: Kalau Ada Notifikasi Ini, Instagram Anda Tak Menampilkan Jumlah Like

Dari pantauan KompasTekno, Rabu (3/3/2021), pengakuan tersebut tercantum dalam sebuah unggahan akun resmi Instagram Communications (@InstagramComms) di Twitter pagi tadi.

"Kami sedang memperbaiki masalah ini dan akan mengembalikan hitungan like ke orang-orang tersebut sesegera mungkin," kicau Instagram Communications

Sekitar 3 jam kemudian, akun yang sama mengonfirmasi bahwa bug tersebut sudah berhasil diperbaiki.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X