Sony Setop Layanan Rental Film di PlayStation Store

Kompas.com - 03/03/2021, 17:03 WIB
Ilustrasi logo Sony PlayStation. TheVergeIlustrasi logo Sony PlayStation.

KOMPAS.com - Sony mengumumkan bakal menghentikan layanan streaming film miliknya, yang tersedia di PlayStation Store.

Melalui blog resminya, Sony menyebut bahwa seluruh pengguna konsol PlayStation 4 (PS4) dan PS5 tak lagi dapat membeli atau menyewa film di PlayStation Store, mulai 31 Agustus 2021.

Keputusan tersebut diambil Sony lantaran pihaknya telah mempelajari perilaku pengguna konsol PlayStation, yang lebih menyukai model bisnis streaming berbasis langganan atau iklan, seperti Netflix, YouTube, dan Disney+.

Baca juga: Sony Akuisisi Layanan Streaming Anime Crunchyroll

Berbeda dengan penyedia layanan streaming seperti di atas, Sony menyediakan film dan konten TV dengan sistem rental (sewa) dalam jangka waktu tertentu, atau beli.

"Nantinya, pengguna masih bisa mengakses film dan konten TV yang telah mereka beli dari PlayStation Store untuk diputar lagi bilamana diinginkan dengan PS4, PS5, dan perangkat mobile mereka," ujar Head of Video Business Sony Interactive Entertainment, Vanessa Lee.

Meski bakal menutup layanan streaming miliknya, Sony masih tetap menyediakan aplikasi streaming seperti YouTube, Amazon Prime Video, dan Vudu di konsol PlayStation, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Polygon, Selasa (3/3/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sony mengakhiri pengumumannya dengan berjanji akan lebih meningkatkan pengalaman hiburan di konsol PlayStation.

Baca juga: Game Ini Digratiskan untuk Semua Pemilik PS4 Tanpa Langganan PS Plus

Tidak jelas apa yang dimaksud Sony dengan kalimat penutupnya itu. Sony seakan mengisyaratkan bahwa pihaknya bakal menggantikan sistem layanan streaming yang lebih baik di masa yang akan datang.

Sony Pictures Entertainment sendiri telah mengakuisisi Crunchyroll, yakni layanan streaming anime dari AT&T dan WarnerMedia pada Desember 2020 lalu.

Akuisisi tersebut bernilai 1,175 miliar dollar AS atau sekitar Rp 16,5 triliun. Apakah ini artinya Sony punya rencana merilis layanan streaming baru? Kita tunggu saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Polygon
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.