AI di Situs Ini Sulap Wajah Orang Dalam Foto Jadi Video

Kompas.com - 04/03/2021, 10:31 WIB
Ilustrasi artificial intelligence seattletimes.comIlustrasi artificial intelligence
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Saat ini teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence, AI) bisa digunakan untuk berbagai macam hal, termasuk manipulasi wajah manusia.

Situs silsilah keluarga MyHeritage, misalnya, menyediakan sebuah fitur yang disebut dengan Deep Nostalgia. Fungsinya adalah untuk menyulap wajah orang dalam foto menjadi seolah hidup, bisa bergerak-gerak dan menampilkan gerakan dalam video animasi singkat.

"Cobalah fitur #DeepNostalgia #PhotoAnimation kami yang baru dan bersiaplah terkagum-kagum!" kicau akun @MyHeritage di Twitter beberapa waktu lalu.

Baca juga: 5 Penerapan Teknologi AI yang Bakal Mudahkan Segala Aktivitas Manusia

Kecerdasan buatan yang digunakan di Deep Nostalgia menyulap wajah orang dalam foto menjadi video dengan memahami bentuk struktur wajah serta mengenal alat indera manusia seperti mata, hidung, telinga, dan mulut.

Setelah itu, algoritma akan diminta untuk mengaplikasikannya ke dalam foto wajah yang tidak bergerak lalu mengubahnya menjadi video ekspresi yang realistis.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Rabu (3/3/2021), Deep Nostalgia hanya dapat menangani satu foto wajah. Artinya, Anda tidak bisa "menghidupkan" bagian tubuh lain, misalnya foto keseluhan badan dan membuat orangnya seolah sedang berjalan.

Video hasil rekayasa kecerdasan buatan (AI) ini juga ramai dibagikan oleh pengguna lewat media sosial Twitter. Tak sedikit dari mereka mengubah foto jadul maupun patung menjadi video wajah bergerak.

Untuk menjajal fitur Deep Nostalgia yang sebenarnya merupakan alat promosi ini, Anda bisa mengunjungi situs MyHeritage di tautan berikut.

Baca juga: Dari Belanja sampai Fotografi, 4 Keseharian Ini Memanfaatkan Teknologi AI

Perlu dicatat bahwa foto yang diunggah baru akan diubah menjadi animasi apabila pengunjung melakukan sign-up terlebih dahulu ke MyHeritage, kemudian mendaftarkan metode pembayaran berupa kartu kredit atau PayPal.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X