Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AI di Situs Ini Sulap Wajah Orang Dalam Foto Jadi Video

Kompas.com - 04/03/2021, 10:31 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Saat ini teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence, AI) bisa digunakan untuk berbagai macam hal, termasuk manipulasi wajah manusia.

Situs silsilah keluarga MyHeritage, misalnya, menyediakan sebuah fitur yang disebut dengan Deep Nostalgia. Fungsinya adalah untuk menyulap wajah orang dalam foto menjadi seolah hidup, bisa bergerak-gerak dan menampilkan gerakan dalam video animasi singkat.

"Cobalah fitur #DeepNostalgia #PhotoAnimation kami yang baru dan bersiaplah terkagum-kagum!" kicau akun @MyHeritage di Twitter beberapa waktu lalu.

Baca juga: 5 Penerapan Teknologi AI yang Bakal Mudahkan Segala Aktivitas Manusia

Kecerdasan buatan yang digunakan di Deep Nostalgia menyulap wajah orang dalam foto menjadi video dengan memahami bentuk struktur wajah serta mengenal alat indera manusia seperti mata, hidung, telinga, dan mulut.

Setelah itu, algoritma akan diminta untuk mengaplikasikannya ke dalam foto wajah yang tidak bergerak lalu mengubahnya menjadi video ekspresi yang realistis.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Rabu (3/3/2021), Deep Nostalgia hanya dapat menangani satu foto wajah. Artinya, Anda tidak bisa "menghidupkan" bagian tubuh lain, misalnya foto keseluhan badan dan membuat orangnya seolah sedang berjalan.

Video hasil rekayasa kecerdasan buatan (AI) ini juga ramai dibagikan oleh pengguna lewat media sosial Twitter. Tak sedikit dari mereka mengubah foto jadul maupun patung menjadi video wajah bergerak.

Untuk menjajal fitur Deep Nostalgia yang sebenarnya merupakan alat promosi ini, Anda bisa mengunjungi situs MyHeritage di tautan berikut.

Baca juga: Dari Belanja sampai Fotografi, 4 Keseharian Ini Memanfaatkan Teknologi AI

Perlu dicatat bahwa foto yang diunggah baru akan diubah menjadi animasi apabila pengunjung melakukan sign-up terlebih dahulu ke MyHeritage, kemudian mendaftarkan metode pembayaran berupa kartu kredit atau PayPal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com