Kronologi Pak Dadang "Dewa Kipas" Diblokir Chess.com Setelah Menang Catur Lawan GothamChess

Kompas.com - 04/03/2021, 13:05 WIB
Ilustrasi aplikasi Chess.com. KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi aplikasi Chess.com.

KOMPAS.com - Pecatur asal Indonesia di platform Chess.com dengan akun "Dewa_Kipas" mendadak menjadi pembicaraan, lantaran diblokir usai mengalahkan gamer catur dunia, Levy Rozman yang juga dikenal sebagai streamer Twitch dan YouTuber sebagai "GothamChess".

Hal tersebut diketahui dari sebuah unggahan pengguna Facebook bernama Ali Akbar. Ali adalah anak dari pemilik akun Dewa_Kipas alias Dadang Subur, mantan pecatur profesional Tanah Air yang mengalahkan GothamChess alias Levy Rozman.

Pertandingan catur ini sendiri berlangsung pada Selasa (2/3/2021) sekitar pukul 23.00 WIB dengan durasi kurang lebih 5 menit. Menurut Ali, kala itu Dadang iseng ingin bermain satu pertandingan di Chess.com sebelum beranjak tidur.

Baca juga: Orang Indonesia Diblokir gara-gara Kalahkan Gamer Catur Dunia di Chess.com

"Ayah saya iseng main Ranked Match sebelum tidur, dia tidak melihat siapa lawannya. Dia cuma senang saja kalau ketemu lawan yang punya simbol GM, FM atau IM," ujar Ali ketika dihubungi KompasTekno via WhatsApp, Kamis (4/3/2021).

Namun, siapa sangka, ternyata lawannya adalah Levy yang kerap menayangkan pertandingan-pertandingan caturnya secara online melalui platform Twitch dan YouTube.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Levy sendiri merupakan pemain Chess.com dengan titel IM (International Master) yang memiliki ELO (rating pemain dalam dunia percaturan) 2.400. Sedangkan, Dadang memiliki ELO sekitar 2.300, sehingga wajar saja apabila keduanya dipertemukan.

Ilustrasi notifikasi yang berisi hate message pada akun Dewa_Kipas di Chess.com.Ist Ilustrasi notifikasi yang berisi hate message pada akun Dewa_Kipas di Chess.com.

Setelah pertandingan selesai dan Dadang menjadi pemenangnya, akun Dewa_Kipas pun langsung diserang oleh sejumlah pengguna Chess.com lain dengan komentar tak sedap.

Berbagai serangan ini, berikut tuduhan bahwa Dadang bermain curang dengan menggunakan cheat, langsung masuk ke notifikasi akun Chess.com milik Dadang.

Dari sini, Ali menyimpulkan bahwa akunnya ini diblokir karena dilaporkan oleh banyak orang, terutama penonton Twitch yang menyaksikan pertarungan GothamChess melawan Dewa_Kipas tadi secara langsung.

Baca juga: Bocah 14 Tahun Ini Dilarang Ikut Turnamen FIFA 21, Terlalu Jago?

"Semua hate message masuk ke inbox di aplikasi Chess.com. Misalnya, ada 'hapus akunmu sebelum terlambat' atau 'dasar kamu pemain curang'," ujar Ali.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.