Selamat Tinggal Periscope, Selamat Datang Twitter Spaces

Kompas.com - 04/03/2021, 14:50 WIB
Ilustrasi Periscope techcrunch.comIlustrasi Periscope

KOMPAS.com - Twitter hari ini akhirnya menutup aplikasi siaran langsung Periscope miliknya. Mulai bulan Maret 2021, Twitter juga akan menarik aplikasi Periscope dari toko-toko aplikasi.

Aplikasi Periscope memang sudah tidak dapat lagi membuat akun pengguna baru sejak akhir tahun 2020 lalu. Kini, Twitter juga mengumumkan akan menghapus pengaturan "Connect to Persicope" di Twitter sebagai langkah lanjutan penghentian aplikasi.

"Mulai hari ini, siaran (broadcast) Twitter Anda tidak bisa lagi lintas-unggah ke Periscope, bahkan jika Anda memiliki akun Periscope," tulis akun dengan handle @TwitterSupport, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (4/3/2021).

Baca juga: Seperti Vine, Periscope Akhirnya Ditutup Twitter

Di saat yang hampir bersamaan, Twitter juga mulai memperkenalkan fitur baru bernama Spaces, platform chatting berbasis audio serupa Clubhouse.

Tidak seperti Clubhouse yang masih eksklusif bagi pengguna iOS, Spaces mulai bisa dijajal pengguna Android. Hanya saja, saat ini Spaces masih tersedia di dalam versi beta, yang artinya belum semua pengguna Android bisa menjajal aplikasi tersebut.

Dalam sebuah utas, Twitter menyebut bagi akun Twitter publik saat ini bisa melakukan broadcast lewat fitur Live di Twitter dan akan muncul opsi untuk membuat siaran di Space jika sudah tersedia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Pesaing Clubhouse dari Twitter Sudah Bisa Dijajal Pengguna Android

Ketika pengguna melakukan broadcast atau Space, kehadirannya akan terlihat bagi pengguna lain. Perubahan juga berlaku untuk akun yang dikunci (private). Akun private juga tidak akan menemui "Connect to Periscope", namun tidak bisa memulai broadcast atau "Space".

Kendati demikian, akun yang dikunci bisa bergabung dengan broadcast atau Spaces. Kehadirannya juga akan tetap terlihat dan pengguna bisa ikut muncul di broadcast atau berbicara di Space secara terbuka.

Periscope diakuisisi Twitter pada tahun 2015 lalu, sebelum layanan tersebut resmi diluncurkan. Siaran Periscope akan muncul di linimasa pengguna Twitter. Penonton bisa mengirim komentar dan simbol "hati" ke penyiar selama siaran berlangsung.

Tahun 2016, Twitter mengintegrasikan kemampuan video live streaming dari Periscope ke aplikasi utamanya. Sementara Periscope tetap beroperasi sebagai layanan terpisah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X