Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Voice dan Video Call WhatsApp dari Komputer Sudah Bisa di Indonesia

Kompas.com - 04/03/2021, 15:09 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - WhatsApp akhirnya resmi menggelontorkan salah satu fitur yang paling dinanti para pengguna aplikasi WhatsApp di desktop, yakni fitur panggilan suara dan video. Fitur ini sudah bisa digunakan di Indonesia mulai hari ini, Kamis (4/3/2021).

Untuk diketahui, aplikasi WhatsApp desktop berbeda dengan WhatsApp web browser. Aplikasi WhatsApp desktop bisa diunduh di masing-masing platform (Windows/Mac). Aplikasi tersebut bisa di-download di halaman resmi WhatsApp di tautan berikut ini.

Adapun syarat minimum WhatsApp desktop yang bisa melakukan panggilan video/suara adalah Windows 10 64-bit versi 1903 atau yang lebih baru, dan macOS 10.13 atau yang lebih baru.

Seperti namanya, fitur video call/voice call memungkinkan pengguna WhatsApp untuk melakukan panggilan suara (voice call) atau video (video call) melalui platform komputer laptop atau desktop. Namun panggilan kelompok (group) belum bisa dilakukan.

Baca juga: 4 Cara Mencegah Zoom Fatigue, Kelelahan Akibat Sering Video Call

Untuk melakukan video call/voice call di WhatsApp desktop, pengguna dapat mengaksesnya melalui dua ikon baru yang terletak di samping kiri fitur Search, yang memiliki ikon menyerupai kaca pembesar.

Adapun kedua ikon tersebut diwakilkan dengan ikon "gagang telepon" untuk voice call dan ikon "perekam video" untuk video call. Pengamatan KompasTekno, ikon tersebut sudah muncul saat login ke aplikasi WhatsApp desktop versi terbaru mulai hari ini.

Ketika pengguna melakukan panggilan kepada pengguna WhatsApp lainnya, akan muncul jendela kecil yang menunjukkan status panggilan.

Jendela tersebut memuat beragam tombol, seperti tombol memulai video, membungkam (mute) suara, dan mengakhiri panggilan. Ada pula tombol "tiga titik" horizontal yang bakal memunculkan opsi panggilan lainnya.

Fitur panggilan suara pada WhatsApp DesktopKOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Fitur panggilan suara pada WhatsApp Desktop

Ketika ada panggilan masuk, pengguna WhatsApp dekstop akan mendapati sebuah jendela (pop-out) yang muncul.

Jendela tersebut menampilkan pilihan yang memungkinkan pengguna untuk menerima atau menolak panggilan suara dan video call. Tampilannya mirip dengan versi mobile.

Khusus untuk panggilan video, WhatsApp dapat menyesuaikan orientasi tampilan layar dalam posisi horizontal atau vertikal. Selain itu, jendela panggilan di desktop akan ditampilkan paling depan.

Baca juga: Daftar Negara dengan Grup Video Call Paling Lancar, Indonesia Papan Bawah

Dengan demikian, jendela panggilan tidak akan tertumpuk di antara tumpukan jendela aplikasi lain yang sedang terbuka.

Jendela notifikasi panggilan masuk pada WhatsApp WebKOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Jendela notifikasi panggilan masuk pada WhatsApp Web

WhatsApp turut menegaskan bahwa pihaknya tidak dapat mendengarkan atau membaca panggilan pribadi yang dilakukan pengguna lantaran fitur panggilan suara dan video ini sudah terenkripsi secara end-to-end.

"Panggilan suara dan video di WhatsApp juga terenkripsi secara end-to-end. Oleh karena itu, WhatsApp tidak dapat mendengar atau melihat panggilan Anda, baik yang dilakukan melalui ponsel maupun komputer," tulis WhatsApp dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Kamis (4/3/2021).

Meski telah resmi diluncurkan, masih banyak pengguna WhatsApp desktop di Indonesia yang belum kebagian fitur baru ini. Kemungkinan WhatsApp tengah merilis fitur ini secara bertahap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com