Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Telepon dan Video Call WhatsApp dari Laptop

Kompas.com - 04/03/2021, 20:16 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - WhatsApp resmi merilis fitur panggilan telepon suara (voice call) dan video call melalui komputer (laptop/desktop), bagi pengguna yang berinteraksi dengan aplikasi WhatsApp desktop (Windows dan Mac).

Pantauan KompasTekno, fitur telepon dan video call WhatsApp di komputer desktop/laptop ini sudah bisa digunakan di Indonesia mulai Kamis (4/2/2021).

Untuk diketahui, aplikasi WhatsApp desktop berbeda dengan WhatsApp web browser. Aplikasi WhatsApp desktop bisa diunduh di masing-masing platform (Windows/Mac) melalui halaman resmi WhatsApp di tautan berikut ini.

Baca juga: Ini Syarat Pakai Video Call di WhatsApp

Dalam versi terbaru, ikon voice call/video call akan muncul saat pengguna login ke WhatsApp desktop versi terbaru mulai hari ini. Untuk melakukan video call/voice call WhatsApp di laptop/komputer, berikut adalah caranya:

  • Download aplikasi WhatsApp desktop untuk Windows/Mac
  • Pilih kontak yang ingin ditelepon di aplikasi WhatsApp desktop
  • Di pojok kanan atas, terdapat ikon baru di samping tombol Search (ikon kaca pembesar).
  • Pilih ikon "gagang telepon" untuk melakukan voice call, atau pilih ikon "perekam video" untuk video call.

Ketika pengguna membuat panggilan ke pengguna WhatsApp lainnya, maka akan muncul jendela kecil yang menunjukkan status panggilan.

Fitur panggilan suara pada WhatsApp DesktopKOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Fitur panggilan suara pada WhatsApp Desktop

Jendela tersebut memuat beragam tombol, seperti tombol memulai video, membungkam (mute) suara, hingga mengakhiri panggilan. Ada pula tombol "tiga titik" horizontal yang bakal memunculkan opsi panggilan lainnya.

Baca juga: 4 Cara Mencegah Zoom Fatigue, Kelelahan Akibat Sering Video Call

Ketika ada panggilan masuk, pengguna WhatsApp desktop akan diberi tahu dengan jendela baru yang muncul (pop-out).

Jendela tersebut menampilkan pilihan yang memungkinkan pengguna untuk menerima atau menolak panggilan suara dan video call. Tampilannya mirip dengan versi mobile.

Jendela notifikasi panggilan masuk pada WhatsApp WebKOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Jendela notifikasi panggilan masuk pada WhatsApp Web

Khusus untuk panggilan video, WhatsApp dapat menyesuaikan orientasi tampilan layar dalam posisi horizontal atau vertikal. Selain itu, jendela panggilan di desktop akan ditampilkan paling depan.

Baca juga: Daftar Negara dengan Grup Video Call Paling Lancar, Indonesia Papan Bawah

Dengan demikian, jendela panggilan tidak akan tertumpuk di antara tumpukan jendela aplikasi lain yang sedang terbuka.

Perlu dicatat, dukungan voice call/video call menggunakan WhatsApp desktop saat ini baru untuk panggilan individual saja. Panggilan berkelompok (group) belum didukung.

Enkripsi end-to-end

WhatsApp turut menegaskan bahwa pihaknya tidak dapat mendengarkan atau membaca panggilan pribadi yang dilakukan pengguna, lantaran fitur panggilan suara dan video ini sudah terenkripsi secara end-to-end.

"Panggilan suara dan video di WhatsApp juga terenkripsi secara end-to-end. Oleh karena itu, WhatsApp tidak dapat mendengar atau melihat panggilan Anda, baik yang dilakukan melalui ponsel maupun komputer," tulis WhatsApp dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Kamis (4/3/2021).

Saat ini, fitur video call/voice call di WhatsApp desktop mulai digulirkan secara bertahap bagi pengguna, termasuk di Indonesia. Jika belum kebagian, coba download versi WhatsApp desktop terbaru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com