Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stiker Animasi WhatsApp Bisa Dibuat Sendiri di Aplikasi Lain, Begini Caranya

Kompas.com - 05/03/2021, 10:10 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - WhatsApp akhirnya menyempurnakan fitur stiker animasi alias stiker bergerak yang mulai dirilis global pertengahan tahun 2020 lalu.

Saat ini, pengguna WhatsApp di Indonesia, Brasil, dan India sudah bisa mengunduh stiker animasi dari pihak ketiga.

Artinya, pengguna bisa membuat sendiri stiker animasi di aplikasi lain dan mengimpornya ke WhatsApp.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur Kiriman Foto yang Bisa Terhapus Sendiri

Sebelumnya, stiker animasi hanya bisa diperoleh dari pustaka WhatsApp saja, berbeda dengan stiker statis yang lebih dulu bisa diimpor dari pihak ketiga.

Fitur baru ini mulai hadir di WhatsApp versi 2.21.3.19 bagi pengguna Android serta versi 2.21.31.2 di iOS.

Cara membuat stiker animasi WhatsApp di Aplikasi Lain

Tangkapan layar cara membuat paket stiker animasi di Sticker Maker.Sticker Maker Tangkapan layar cara membuat paket stiker animasi di Sticker Maker.
Dirangkum KompasTekno dari situs WA Beta Info, Jumat (5/3/2021), pengguna bisa membuat stiker animasi di aplikasi  seperti Sticker Maker yang tersedia di Play Store maupun App Store.

Di Sticker Maker, pengguna bisa membuat paket stiker animasi yang berisi 30 stiker. Paket stiker bisa berisi stiker statis maupun animasi.

Bisa juga menambahkan GIF atau video yang nantinya akan terkonversi menjadi GIF. Cukup klik salah satu kotak yang masih tersedia, kemudian pilih sumber penyimpanan file yang dikehendaki.

Jangan lupa memberi nama dan menambahkan ikon stiker di kotak paling atas. Setelah memilih beberapa foto, video, atau GIF untuk dijadikan stiker, pilih "add to WhatsApp" yang ada di sisi bawah.

Cara membuat stiker animasi WhatsApp dari Sticker Maker.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Cara membuat stiker animasi WhatsApp dari Sticker Maker.
Perlu diingat, untuk bisa mengimpor stiker ke WhatsApp perlu setidaknya tiga stiker di dalam satu paket.

Baca juga: Voice dan Video Call WhatsApp dari Komputer Sudah Bisa di Indonesia

Sticker Maker akan otomatis memperkecil ukuran foto, video, atau GIF ketika file diunggah.Untuk stiker statis, pengguna bisa menambahkan teks dan mengatur warna yang dikehendaki.

Beberapa fitur Sticker Maker hanya tersedia untuk pengguna premium, termasuk opsi bebas iklan. Jika sudah diimpor ke WhatsApp, paket stiker langsung ditambahkan ke "my sticker" dan bisa langsung digunakan untuk percakapan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WABetaInfo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com