Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengiriman Smartwatch Naik Sepanjang 2020, Apple Teratas

Kompas.com - 07/03/2021, 10:07 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Meski dilanda pandemi Covid-19 selama setahun belakangan ini, pangsa pasar smartwatch dilaporkan tumbuh tipis pada 2020 lalu.

Setidaknya begitulah laporan firma riset pasar Counterpoint Research. Dalam laporan yang dirilis baru-baru ini, Counterpoint mencatat pengiriman smartwatch global pada 2020 naik 1,5 persen dari tahun sebelumnya.

Total pengiriman jam tangan pintar dari lima besar vendor smartwatch global pada 2020 tercatat mencapai 66,6 juta unit. Jumlah ini naik sedikit dari pengiriman 2019 yang tercatat di angka 59,6 juta unit.

Dari lima vendor jam tangan pintar global yang ada dalam daftar, Apple mengukuhkan diri di posisi teratas dengan pertumbuhan 19 persen. Total pengiriman Apple Watch sepanjang tahun 2020 mencapai 33,9 juta unit.

Baca juga: Tiga Vendor yang Mendominasi Pasar Smartwatch 2020

Pada kuartal IV-2020, Counterpoint melaporkan bahwa Apple menguasai 40 persen pangsa pasar smartwatch global dengan total pengiriman 12,9 juta unit.

Perangkat Apple Watch Seri 6 dan Apple Watch SE yang dirilis pada kuartal IV-2020 disebut memiliki kinerja yang baik dan ikut berkontribusi pada hasil tersebut.

Di posisi kedua, vendor asal China, Huawei membuntuti Apple dengan pertumbuhan sebesar 26 persen.

Meski berada di posisi kedua, Huawei mencatatkan pertumbuhan paling tinggi di antara vendor lainnya. Total pengiriman smartwatch Huawei dilaporkan mencapai angka 11,1 unit jam tangan pintar.

Sedangkan tiga vendor lainnya, Samsung, BBK, dan Fitbit, tercatat mengalami penurunan jumlah pengiriman sepanjang 2020.

Samsung turun tipis sebesar 1 persen dari 2019. Sementara BBK yang berada di posisi keempat turun signifikan sebesar 9 persen. Pada 2019 BBK mengirimkan sebanyak 7,2 juta unit jam tangan pintar, namun, pada 2020 turun menjadi 6,6 juta unit.

Di peringkat kelima, Fitbit mengalami penurunan sebesar 4 persen. Pada 2020, Fitbit mengirimkan sebanyak 5,9 juta unit smartwatch. Berikut tabel pengiriman dan pertumbuhan vendor smartwatch global YoY.

Pengiriman smartwatch 2020 naik tipis.Counterpoint Research Pengiriman smartwatch 2020 naik tipis.
Selain peningkatan pengiriman, Counterpoint juga mencatat adanya pergeseran pasar yang signifikan ke arah smartwatch dengan banderol yang lebih mahal.

Analis Senior Counterpoint Sujeong Lim, mengatakan harga jual rata-rata smartwatch meningkat pada 2020.

Baca juga: Riset: Smartwatch Bisa Bantu Deteksi Dini Covid-19

Ia menjelaskan, segmen harga smartwatch terbesar pada 2019 berada dikisaran harga 101-200 dollar AS (sekitar Rp 1,4-2,8 juta). Pada 2020, segmen ini menyusut 7 persen.

"Sementara segmen yang lebih premium dengan kisaran harga 300 dollar AS (sekitar Rp 4,2 juta) ke atas tumbuh sebesar 8 persen pada 2020," kata Lim.

Menurut Lim, pergeseran ini didorong oleh perangkat yang diluncurkan oleh tiga merek premium yakni Apple, Samsung, dan Huawei.

"Kami yakin harga jual rata-rata ini akan terus meningkat selama dua hingga tiga tahun ke depan karena model andalan tiga perusahaan ini terus memimpin," lanjut Lim, sebagaimana dikutip KompasTekno dari situs Counterpoint Research, Minggu (7/3/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com