Cara Mengubah Smartphone Menjadi Webcam untuk Video Call

Kompas.com - 07/03/2021, 19:04 WIB
ilustrasi video conference Tomsguide.comilustrasi video conference

KOMPAS.com - Agar tetap terhubung satu sama lain, beragam aplikasi teleconference kini dijadikan medium untuk melakukan tatap muka secara virtual selama pandemi.

Biasanya, banyak orang menggunakan aplikasi tersebut untuk keperluan belajar online maupun rapat bersama rekan kerja.

Cukup banyak aplikasi video conference atau video call yang bisa Anda gunakan untuk bertemu secara online. Tak hanya melalui smartphone, konferensi video juga bisa dilakukan lewat PC.

Untuk itu, penggunaan webcam pun menjadi hal penting agar kualitas video yang ditampilkan terlihat baik. Untungnya, kini smartphone bisa dijadikan sebagai alternatif pengganti dari webcam.

Soal kualitas, tak perlu diragukan sebab smartphone jaman sekarang sudah dibekali dengan spesifikasi kamera yang mumpuni. 

Mengubah smartphone menjadi webcam dapat dilakukan menggunakan aplikasi, salah satunya adalah DroidCam.

Berikut ini langkah-langkah untuk mengubah smartphone menjadi webcam sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Minggu (7/3/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Penjualan Kamera Digital 2020 Turun Tajam, Webcam Naik

Menggunakan aplikasi DroidCam

Pertama, download aplikasi DroidCam di Google Play Store lewat tautan berikut ini . Setelah itu, buka aplikasi DroidCam.

Di halaman utama, Anda akan diminta untuk menyetujui beberapa hal dan mengikuti panduan yang ada.

Cara mengubah smartphone menjadi webcam untuk video conference di PCphonearena.com Cara mengubah smartphone menjadi webcam untuk video conference di PC
Kemudian, klik "Got It" di bagian bawah apabila persetujuan selesai. Setelah itu, Klik "Allow" untuk mengizinkan aplikasi mengakses fungsi pengaturan kamera.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X