Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kali Pertama, Oppo Jadi Pabrikan Smartphone Terbesar di China

Kompas.com - 08/03/2021, 06:31 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber 9To5Google

KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya Oppo menjadi pabrikan smartphone nomor satu di negara asalnya. Berdasarkan riset Counterpoint, pangsa pasar Oppo pada Januari 2021 menyentuh angka 21 persen dari totalpasar ponsel pintar di China.

Jumlah pangsa pasar tersebut terdongkrak 33 persen dibandingkan Desember 2020. Sementara jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu (Januari 2020), pangsa tersebut meningkat sebesar 26 persen. 

Dengan jumlah tersebut, Oppo akhirnya dapat melampaui Huawei dan menduduki peringkat pertama. 

Huawei sendiri saat ini memiliki pangsa pasar yang sama dengan Vivo yakni 20 persen. Keduanya tepat berada di belakang Oppo. Kemudian Apple dan Xiaomi masing-masing 16 persen.

Menurut analis Counterpoint Varun Mishra, pencapaian ini dipengaruhi oleh tingginya angka penjualan lini Oppo Reno5 dan Oppo A series.

Counterpoint mencatat, Reno5 memiliki peningkatan yang signifikan dibandingkan Reno4. Khususnya pada bagian kamera, layar, chip, serta pengisian daya cepat.

Baca juga: Oppo Reno5 5G Resmi Meluncur di Indonesia, Ini Harganya

"Hal ini juga membantu Oppo membangun momentum awal," ungkap Mishra.

Ia juga mengatakan, strategi pemasaran ponsel seri Reno yang meluncur dengan harga yang rendah dan lebih mumpuni dibandingkan pendahulunya sangat membantu Oppo dalam memenuhi segmen pasar premium yang terjangkau.

Di sisi lain, performa Huawei di China terus menurun. Huawei dan Honor terus kehilangan pangsa pasarnya. Hal tersebut disebabkan pabrikan ini kekurangan pasokan komponen setelah masuk dalam daftar hitam AS.

Menurut Counterpoint, jumlah stok komponen kunci untuk membuat ponsel 5G Huawei semakin tipis. Sementara itu, lebih dari 65 persen perangkat yang dijual di China pada Q4 2020 memiliki kemampuan 5G. 

Baca juga: Wujud Oppo Reno5 Edisi Khusus Indonesia

Tidak adanya model 5G mengurangi jumlah pangsa pasar Huawei di China. Ditambah lagi, tidak adanya layanan Google di perangkat 4G milik Huawei.

"Momentum yang kuat dari seri A di segmen menengah memperkuat portofolio produk Oppo dalam memenuhi permintaan ponsel 5G di China," lanjut Mishra sebagaimana dirangkum KompasTekno dari 9to5google, Senin (8/3/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber 9To5Google
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com