Samsung Galaxy S20 Plus Pecahkan Rekor Kecepatan 5G Terkencang

Kompas.com - 08/03/2021, 11:36 WIB
Samsung Galaxy S20 Plus phonearena.comSamsung Galaxy S20 Plus
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Samsung mengumumkan hasil uji coba kecepatan transfer data lewat jaringan 5G di laboratoriumnya di Korea Selatan.

Angkanya menorehkan rekor baru, yakni mencapai 5,23 Gbps, lebih tinggi dari rekor sebelumnya sebesar 5 Gbps yang dicatat oleh Nokia lewat kemitraan dengan Qualcomm.

Uji coba Samsung dilakukan dengan perangkat smartphone Galaxy S20 Plus 5G berikut serangkaian produk network lainnya seperti radio 4G dan 5G (Compact Micro Link), serta 4G/5G common Core.

Baca juga: Mengenal Jaringan 5G Sub-6GHZ dan mmWave, Apa Perbedaannya?

Untuk mencapai meraih kecepatan transfer data yang sangat tinggi itu,  Samsung menggunakan teknologi jaringan E-UTRAN New Radio Dual Connectivity (EN-DC) yang menggabungkan frekuensi 4G (40 MHz) dan 5G (800 MHz, di mmWave).

Menurut Samsung, teknologi EN-DC memungkinkan operator seluler meningkatkan kecepatan dan jangkauan 5G dengan memanfaatkan jaringan 4G.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Vice President and Head of Air Technology Group Networks Business Samsung, Ji-Yun Seo, berbangga hati dengan mengatakan bahwa Samsung telah membuat terobosan dalam hal kecepatan data 5G,

"Dengan menggarisbawahi keunggulan dari pendekatan dual 4G dan 5G, yang dikirim langsung ke pengguna tunggal," ujar Ji-Yun di situs resmi Samsung.

Baca juga: Alasan Internet 5G Perlu Segera Digelar di Indonesia

Dijelaskan bahwa teknologi EN-DC menerapkan carrier agregation yang menggabungkan beberapa channel 

 

 

 

 

 


Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Phone Arena, Senin (8/3/2021), uji coba Samsung sekaligus membuktikan bahwa kecepatan transfer data jaringan seluler tidak dbatasi oleh perangkat di tangan pengguna, melainkan perangkat jaringan.

Sebab, Galaxy S20 Plus keluaran tahun lalu saja terbukti mampu mencatat kecepatan tertinggi. Saat ini Samsung sudah menggantikan lini Galaxy S20 dengan Galaxy S21 yang dirilis pada Januari 2021.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X