Mode Gelap Kini Bisa Dijajal Semua Pengguna Facebook, Begini Caranya

Kompas.com - 08/03/2021, 12:08 WIB
Ilustrasi Facebook IstIlustrasi Facebook

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Facebook telah menggulirkan fitur mode gelap (dark mode) di aplikasi mobile. Tapi, saat itu baru beberapa pengguna saja yang bisa menjajalnya.

Kini, fitur mode gelap di aplikasi Facebook sudah merata ke semua pengguna. Sementara mode gelap versi web sudah dirilis lebih dulu oleh Facebook.

Adapun cara menyetel mode gelap di aplikasi Facebook cukup mudah. Pertama, buka menu dengan mengetuk ikon tiga garis yang ada di pojok kanan atas. Kemudian gulir ke bawah lalu pilih "Settings & Privacy (pengaturan & privasi)" yang berada di atas menu "log out (keluar)".

Baca juga: Facebook Didenda Rp 9,2 Triliun gara-gara Fitur Tagging

Lalu, pilih "Dark Mode (mode gelap)", lanjutkan dengan memilih "on" untuk mengaktifkan mode gelap di aplikasi Facebook.

Selain mengaktifkannya secara manual lewat aplikasi, mode gelap di aplikasi Facebook juga bisa diatur otomatis menyesuaikan pengaturan sistem perangkat yang sedang digunakan pengguna.

Mode gelap aplikasi FacebookIstimewa Mode gelap aplikasi Facebook
Setelah mode gelap diaktifkan, warna dasar antarmuka (interface) Facebook akan berubah menjadi hitam dengan tulisan bewarna putih.

Sementara, beberapa ikon masih bewarna sama, seperti ikon fitur "Live" yang bewarna merah, "photo" yang bewarna hijau", dan "check in" yang bewarna merah.

Untuk membedakan, ikon menu yang sedang dibuka akan berubah menjadi warna biru khas Facebook. Begitu pula dengan ikon "like", "love", dan emoji.

Opsi Dark Mode di Facebook versi webKOMPAS.com/ OIK YUSUF Opsi Dark Mode di Facebook versi web
Apabila belum menemukan mode gelap, cobalah untuk memperbarui aplikasi lewat toko aplikasi Play Store adan Apps Store. Dari pantauan KompasTekno, Senin (8/3/2021), aplikasi Facebook mulai versi 30.0.0.42 sudah bisa mengaktifkannya.

Cara menyalakan mode gelap di Facebook versi web pun mudah. Cukup klik tombol menu bergambar panah ke bawah di pojok kanan atas, pilih "Display & Accessibility", kemudian nyalakan toggle Dark Mode.

Baca juga: Agar Baterai Android Lebih Irit, Aktifkan Mode Tampilan Dark Mode

Mode gelap menjadi tren di berbagai media sosial beberapa tahun belakang. Sebelum Facebook, platform lain di bawah payung Facebook Inc, seperti Messenger, Instagram dan WhatsApp lebih dulu mendapatkan mode gelap.

Dark mode diyakini bisa lebih nyaman untuk mata pengguna, terutama saat membuka aplikasi di ruangan minim cahaya.  Tampilan serba gelap ini juga bisa menghemat baterai, terutama di perangkat yang menggunakan layar OLED.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X