Daftar 10 Besar Bahasa Programming Terpopuler

Kompas.com - 08/03/2021, 15:15 WIB
Ilustrasi ahli IT iStockphoto/scyther5Ilustrasi ahli IT
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Perusahaan analisis software asal AS, RedMonk, merilis peringkat 10 besar bahasa pemrograman terpopuler di dunia pada kuartal I-2021.

Dari 10 nama yang masuk dalam daftar tersebut, JavaScript menjadi bahasa pemrograman paling populer saat ini. Secara berurutan, posisi lima besar diduduki oleh JavaScript, Python, Java, PHP, dan C#.

Analis dari RedMonk, Stephen O'Grady mengatakan bahwa popularitas JavaScript meningkat pesat berkat permintaan yang tinggi di situs platform pengembangan perangkat lunak, GitHub.

Baca juga: Java Disebut Masih Jadi Bahasa Programming Terpopuler

Oleh sebab itu, JavaScript dikatakan Stephen sebagai bahasa pemrograman nomor satu dalam industri ini. "Suka atau tidak, JavaScript adalah bahasa pemrograman yang populer saat ini, diikuti oleh Python dan Java," kata Stephen dalam sebuah pernyataan.

GitHub merupakan sebuah situs di mana para ahli pemrograman (coder) menyimpan atau berkolaborasi membuat kode pemrograman.

Situs ini populer di kalangan pengembang aplikasi serta perusahaan, sehingga banyak yang menaruh proyek, dokumentasi, serta kode pemrograman mereka di situs GitHub.

GitHub sendiri juga membuka akses gratis untuk pengembang yang melakukan private development. Repositori privat bisa digunakan tanpa batas jumlah kolabolator alias unlimited.

Sebelumnya, jumlah kolaborator unlimited hanya diberikan bagi repositori yang bersifat publik, sementara, pengguna repositori privat diharuskan berlangganan untuk mendapat fitur serupa.

Terlepas dari hal itu, Stephen mengatakan bahwa nama-nama yang ada di dalam daftar ini mengalami pergeseran yang tidak biasa.

Sebut saja Python. Posisinya dikatakan Stephen naik pesat selama beberapa tahun terakhir. Bahasa pemrograman ini konsisten berada di urutan kedua terhitung sejak bulan Juli 2020 lalu.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa RAM iPhone Tak Sebesar Ponsel Android

Halaman:


Sumber ZDNet
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X