Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 11 Masih Bisa Menyala Setelah Enam Bulan Tenggelam

Kompas.com - 08/03/2021, 16:13 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber phonearena

KOMPAS.com - Sebuah iPhone 11 ditemukan masih dapat berfungsi meski telah tenggelam di dasar danau selama enam bulan lamanya.

Ponsel itu ditemukan oleh penyelam sekaligus YouTuber bernama Clayton Helkenberg saat ia dan istrinya Heather tengah melakukan penyelaman di Harrison Lake Amerika Serikat.

Setelah menemukan ponsel itu, Helkenberg segera mengamankan lalu membawa iPhone 11 tersebut ke rumahnya untuk dibersihkan.

Penyelam bernama Clayton Helkenberg berhasil menemukan iPhone 11 di dasar danauphonearena.com Penyelam bernama Clayton Helkenberg berhasil menemukan iPhone 11 di dasar danau
"Saya membawanya (iPhone 11) pulang untuk membersihkan ponsel itu dari kotoran yang menempel. Kemudian saya mencoba menghidupkannya," kata Helkenberg.

Usai dibersihkan, Helkenberg terkejut dengan apa yang ia lihat. Ponsel yang tenggelam di itu ternyata masih bisa menyala dalam keadaan normal.

Masalah yang ditemui di perangkat itu, menurut Clayton, hanya pada bagian speaker dan mikrofon. Selain itu, iPhone 11 ini tidak memiliki kendala.

Helkenberg kemudian berinisiatif untuk mengeluarkan kartu SIM dari ponsel itu lalu mencoba memasangkannya ke ponsel lain. Cara ini dilakukan untuk menghubungi nomor serta identitas pemilik iPhone 11 tersebut.

Baca juga: Apple Dituntut Ganti Rugi gara-gara iPhone Meledak

Tak lama, Helkenberg berhasil menghubungi Fatemeh Ghodsi, pemilik iPhone 11 tersebut. Melalui panggilan telepon, Helkenberg menjelaskan kepada Ghodsi soal kondisi iPhone 11 yang ia temukan.

Nasib sial yang dialami Ghodsi bermula saat dirinya tengah menaiki perahu kecil di sekitar Harrison Lake pada September 2020 lalu.

Saat itu, Ghodsi kehilangan keseimbangan. Ghodsi pun panik dan menggoyangkan tubuhnya. Alhasil, iPhone 11 miliknya terlepas dari tangan dan akhirnya tenggelam ke dalam danau.

Berpikir kalau iPhone tersebut sudah pasti rusak, Ghodsi mengurungkan niatnya untuk mengambil ponsel itu dari dasar danau. Ghodsi akhirnya membeli iPhone baru tak lama dari kejadian itu.

"Saya berada dalam situasi di mana saya seperti kehilangan keseimbangan dan menjatuhkannya (iPhone 11) ke dalam air," kata Ghodsi.

"Petugas yang ada di lokasi mengatakan kepada saya bahwa tidak mungkin bisa menyelamatkan ponsel itu. Dengan keadaan tertekan dan menangis, akhirnya saya pulang ke Vancouver dengan putus asa," lanjutnya.

Enam bulan tenggelam

Betapa terkejutnya Ghodsi setelah ia mendapat kabar dari Helkenberg bahwa iPhone 11 miliknya masih berada di lokasi yang sama setelah enam bulan tenggelam.

"Saya awalnya sangat terkejut, rasanya seperti ponsel 'zombie' yang datang kembali untuk saya. Sebetulnya saat itu saya sudah merelakan kehilangan ponsel ini," ungkap Ghodsi.

Halaman:
Sumber phonearena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com