Cara Menggunakan Aplikasi MyHeritage untuk Membuat Foto Lawas Jadi Hidup

Kompas.com - 08/03/2021, 17:13 WIB
Aplikasi MyHeritage yang bisa digunakan untuk edit foto statis menjadi foto bergerak. Kompas.com/Wahyunanda KusumaAplikasi MyHeritage yang bisa digunakan untuk edit foto statis menjadi foto bergerak.

KOMPAS.com - Belakangan ini, banyak pengguna internet yang mengunggah foto-foto nostalgia dari kerabat hingga tokoh kenamaan yang telah tiada. Namun, foto tersebut bisa bergerak serupa GIF, seakan-akan foto tersebut lebih "hidup".

Usut punya usut, foto-foto tersebut diedit menggunakan aplikasi MyHeritage. Aplikasi MyHeritage sejatinya bukan aplikasi untuk mengedit foto, melainkan aplikasi genealogi yang memungkinkan pengguna membuat silsilah keluarganya.

Namun, MyHeritage memperkaya fiturnya dengan beberapa fitur edit foto. Seperti memperbaiki kualitas foto jadul, memulihkan warna asli foto lawas, dan membuat foto statis menjadi foto animasi. Bagaimana caranya?

Baca juga: Aplikasi MyHeritage Bikin Nostalgia Foto Lawas Jadi Hidup

Pertama, unduh aplikasi MyHeritage di Play Store di tautan berikut bagi pengguna Android atau App Store di tautan ini bagi pengguna iOS.

Perlu dicatat, kemungkinan aplikasi ini belum mendukung beberapa perangkat sehingga pengguna tidak bisa membuat akun dan menjalankan aplikasi.

Apabila berhasil mengunduh dan membuat akun baru, buka menu dengan mengetuk ikon tiga garis yang ada di pojok atas. Kemudian pilih "foto" dan tambahkan foto yang ingin dibuat bergerak dengan mengetuk ikon "plus" yang ada di sisi bawah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah foto terunggah, ketuk foto yang dikehendaki lalu ketuk ikon animasi yang terletak di sisi atas. Ikon tersebut berada di deretan paling kiri. Kemudian, foto statis akan diproses menjadi foto animasi.

Prosesnya membutuhkan beberapa detik hingga foto siap. Pengguna bisa memilih jenis gerakan dengan mengetuk "Animation" yang ada di sisi atas.

Cara membuat foto statis bergerak menggunakan aplikasi MyHeritageYouTube/Mr Hackio Cara membuat foto statis bergerak menggunakan aplikasi MyHeritage

Setidaknya ada tujuh pilihan animasi denngan gestur yang berbeda. Jika sudah memilih animasi yang sesuai, pengguna bisa mengunduh foto atau membagikannya ke media sosial.

Mengandalkan AI

Dalam situsnya, MyHeritage menjelaskan bahwa kemampuan membuat foto statis menjadi animasi dapat dilakukan dengan fitur Deep Nostalgia yang memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Baca juga: AI di Situs Ini Sulap Wajah Orang Dalam Foto Jadi Video

MyHeritage bekerja sama dengan D-ID, sebuah perusahaan yang khusus membuat peraga video menggunakan teknik AI yang disebut "deep learning".

Halaman:


Sumber MyHeritage
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.