Twitter Siapkan Tombol "Undo Send" untuk Batalkan Kicauan

Kompas.com - 08/03/2021, 18:14 WIB
Ilustrasi akun Twitter CNNIlustrasi akun Twitter

KOMPAS.com - Pengguna Twitter sudah sejak lama menginginkan keberadaan tombol "edit" untuk mengoreksi kicauan yang diunggah. Namun, CEO Twitter Jack Dorsey saat sesi tanya jawab dengan Wired pada Januari 2020 lalu menegaskan bahwa Twitter tidak akan menghadirkan tombol tersebut.

Alih-alih menghadirkan tombol edit, Twitter diketahui tengah menyiapkan fitur baru berupa tombol undo send. Tombol ini memungkinkan pengguna untuk membatalkan twit sebelum terunggah ke lini masa.

Keberadaan fitur tersebutdibeberkan oleh Jane Manchun Wong yang kerap mengoprek fitur baru di media sosial. Temuan tersebut ia ungkap melalui sebuah kicauan di akun Twitter pribadinya.

Dari kicauan yang diunggah Wong, terlihat bahwa tombol undo send akan muncul setelah pengguna menekan tombol "tweet" untuk mengunggah kicauan.

Nantinya, akan muncul jendela kecil berisikan informasi "Your Tweet was sent" atau Twit Anda telah terkirim. Di bawah keterangan tersebut terdapat tombol undo yang di dalamnya terdapat efek garis yang berjalan.

Baca juga: Tweet Pertama CEO Twitter Jack Dorsey Dijual

Efek tersebut agaknya untuk mengindikasikan waktu sekitar lima detik yang dimiliki pengguna untuk bisa mengurungkan twit yang diunggahnya.

Ketika tombol "undo" diklik, maka kiriman twit pengguna otomatis akan diurungkan dan kembali ke jendela menulis kicauan. Fitur ini sejatinya mirip dengan yang ada di platform Gmail.

Tombol undo send ini sebenarnya sudah disinggung dalam survei Twitter pada Juli tahun lalu, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Engadget, Senin (8/3/2021).

Survei tersebut berisi fitur-fitur apa saja yang dianggap penting dan kurang penting oleh pengguna. Nama fitur undo send turut hadir dalam daftar tersebut bersama fitur lainnya seperti auto responses, video publishing, badges, dan sebagainya.

Baca juga: Selamat Tinggal Periscope, Selamat Datang Twitter Spaces

Dalam survei tersebut, fitur "undo send" dideskripsikan sebagai jendela 30 detik bagi pengguna untuk menarik tweet sebelum siapa pun dapat melihatnya.

Kendati demikian, belum diketahui kapan Twitter akan secara menggulirkan tombol ini secara resmi.



Sumber ENGADGET
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.