GothamChess Sembunyikan Video YouTube-nya dari Warganet Indonesia

Kompas.com - 08/03/2021, 18:37 WIB
Gamer catur dunia, Gothamchess menyembunyikan video-videonya dari netizen Indonesia. YouTubeGamer catur dunia, Gothamchess menyembunyikan video-videonya dari netizen Indonesia.

KOMPAS.com - Setelah sempat diserang karena tudingan yang dilontarkan kepada Dadang Subur alias Dewa_Kipas, Levy Rozman pemilik akun Gothamchess memblokir akses video YouTube-nya dari warganet Indonesia.

Hal tersebut terlihat dari kanal YouTube miliknya yang tidak menampilkan satu video pun ketika diakses.

KompasTekno mencoba untuk mengunjungi kanal YouTube Gothamchess. Setelah memasukkan kata kunci "GothamChess" di kolom pencarian, YouTube masih menampilkan kanal GothamChess beserta daftar playlist video bikinannya.

Namun, ketika salah satu video diklik, maka akan muncul layar berwarna hitam dengan teks bertuliskan "video unavailable".

Video milik Gothamchess menampilkan keterangan this video is not available ketika diklik. YouTube Video milik Gothamchess menampilkan keterangan this video is not available ketika diklik.
Keterangan tersebut menurut halaman resmi Google, mengindikasikan bahwa video yang diunggah GothamChess sengaja disembunyikan untuk negara tertentu.

"Pemilik video telah memilih untuk membuat konten mereka hanya tersedia di negara/wilayah tertentu (biasanya karena hak lisensi)," tulis Google.

Selain itu, keterangan tersebut menurut Google, juga akan muncul ketika YouTube memblokir konten tertentu untuk mematuhi hukum setempat.

Baca juga: GothamChess dan Microsoft, Bukti Galak-nya Netizen Indonesia

Halaman untuk mengecek pembatasan YouTube, polsy.org.uk, juga memperlihatkan bahwa video milik GothamChess disembunyikan untuk regional Indonesia.

KompasTekno mengambil salah satu URL video GothamChess sebagai sampel dan memeriksanya melalui halaman Polsy. Hasilnya, video tersebut memang tidak dapat disaksikan oleh pengguna asal Indonesia.

Dari halaman Polsy.org.uk, diketahui bahwa video GothamChess disembunyikan dari region Indonesia. Polsy.org.uk Dari halaman Polsy.org.uk, diketahui bahwa video GothamChess disembunyikan dari region Indonesia.

Kendati demikian, ketika KompasTekno mencoba mengakses video milik GothamChess menggunakan Virtual Private Network (VPN). Hasilnya, video yang semula tidak dapat ditonton bisa kembali disaksikan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X