Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinyal XL Axiata Dikeluhkan Hilang di Jalur Bawah Tanah MRT Jakarta

Kompas.com - 09/03/2021, 13:00 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna operator seluler XL Axiata mengeluhkan sinyal seluler di ponselnya yang mendadak hilang, ketika melewati jalur bawah tanah saat menggunakan moda transportasi MRT Jakarta.

Sejumlah pengguna juga mengeluhkan hilangnya sinyal XL ketika memasuki stasiun MRT, di Twitter dengan menyebut (mention) akun MRT Jakarta dan XL Axiata dengan handle @mrtjakarta dan @myXLCare.

Salah seorang pengguna mengatakan, sinyal XL di ponselnya hilang di jalur bawah tanah MRT. Pengguna lain merinci bahwa jaringan mulai hilang dari stasiun Dukuh Atas hingga Senayan.

Baca juga: Benarkah Sinyal Ponsel Bisa Menyebabkan Kebakaran di SPBU?

Akun @mrtjakarta yang membalas salah satu keluhan pengguna XL di atas mengatakan bahwa hilangnya sinyal XL di jalur bawah tanah MRT dikarenakan operator seluler tersebut tidak lagi bekerja sama dengan MRT Jakarta.

Sebagai alternatif, pengguna XL diimbau untuk menggunakan WIFi yang telah tersedia di area MRT Jakarta, atau menggunakan layanan operator seluler lainnya.


KompasTekno telah meminta konfirmasi ke pihak XL Axiata maupun MRT Jakarta, namun hingga berita ini ditayangkan, belum ada penjelasan dari kedua belah pihak.

Baca juga: Operator Seluler Terbaik Indonesia 2020 Versi nPerf

Sebelumnya pada 2019 lalu, XL sempat meminta agar penyedia jaringan telekomunikasi MRT Jakarta menurunkan harga sewa perangkat pasif, karena dinilai terlalu tinggi.

Untuk diketahui, penyedia infrastruktur jaringan di jalur MRT adalah PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG). Melansir dari Kontan, TBIG membanderol sewa perangkat pasif di jalur MRT sebesar Rp 600 juta per bulannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com