Dua iPhone Lawas Ini Terancam Tidak Bisa Lagi Gunakan WhatsApp

Kompas.com - 10/03/2021, 08:02 WIB
Pengunjung melintas di depan gambar produk baru Apple Inc yaitu iPhone 4S pada penjualan perdana oleh Telkomsel di Jakarta, Jumat (27/1/2012). Telepon pintar tersebut dijual pada kisaran Rp 7-10 juta, tergantung kapasitas dan operatornya. KOMPAS/PRIYOMBODO PRIYOMBODOPengunjung melintas di depan gambar produk baru Apple Inc yaitu iPhone 4S pada penjualan perdana oleh Telkomsel di Jakarta, Jumat (27/1/2012). Telepon pintar tersebut dijual pada kisaran Rp 7-10 juta, tergantung kapasitas dan operatornya. KOMPAS/PRIYOMBODO

KOMPAS.com - Aplikasi pesan instan WhatsApp kabarnya akan segera menghentikan dukungan untuk iPhone keluaran lama. Kabar tersebut berasal dari situs WABetaInfo yang kerap memberi bocoran soal WhatsApp dengan tepat.

Melalui sebuah kicauan di Twitter dengan handle @WABetaInfo, disebutkan bahwa pembaruan WhatsApp 2.21.50 versi beta akan menghentikan dukungan untuk sistem operasi iOS 9.

Namun, menurut WABetainfo, informasi tersebut masih belum tercantum di laman FAQ WhatsApp dan akan segera diperbarui.

Itu artinya, hingga saat ini WhatsApp masih mendukung perangkat iPhone yang menjalankan iOS 9 dan yang lebih baru.

Sekadar pengingat, perangkat yang hingga kini masih menjalankan iOS 9 adalah iPhone 4 dan iPhone 4S. Kedua perangkat tersebut juga tidak mendapat dukungan pembaruan untuk iOS 10.

Belum diketahui kapan pembaruan WhatsApp tersebut akan digulirkan. Apabila nanti telah resmi bergulir, WhatsApp hanya akan mendukung perangkat iPhone yang menjalankan iOS 10 atau yang lebih baru.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur Kiriman Foto yang Bisa Terhapus Sendiri

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara perangkat di atasnya, seperti iPhone 5 dan iPhone 5C, masih bisa memperbarui ke iOS 10.

Sebagai informasi, iOS 9 sendiri dirilis pada September 2015 lalu dan pembaruan terakhir telah digulirkan pada Juli 2019. Umumnya, Apple memberikan dukungan pembaruan ke piranti lunaknya selama lima hingga enam tahun.

Perlu diingat bahwa WhatsApp belum resmi mengumumkan hal ini sebagaimana KompasTekno rangkum dari Giz China, Rabu (10/3/2021).

Tapi, tidak ada salahnya bagi pengguna perangkat Apple yang menjalankan iOS 9 untuk bersiap pindah perangkat yang masih didukung WhatsApp.

Mengamankan celah keamanan

WhatsApp juga dilaporkan akan segera mengamankan celah keamanan yang tidak terlindungi enkripsi saat pengguna mencadangkan percakapan mereka ke penyimpanan cloud.

Aplikasi pesan instan tersebut kabarnya akan menambah password ketika pengguna akan mencadangkan chat ke iCloud atau Google Drive. Kabar itu tersebut juga diungkap oleh WABetaInfo.

Baca juga: Begini Cara Telepon dan Video Call WhatsApp dari Laptop

Jika rumor itu benar, maka pengguna WhatsApp baik iOS maupun Android, harus memasukan password yang tepat jika ingin memulihkan chat dari penyimpanan cloud. Penambahan password tersebut dilakukan semata-mata demi melindungi chat pengguna.



Sumber WABetaInfo
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X