Kompas.com - 10/03/2021, 14:07 WIB
ilustrasi android user businessinsider.comilustrasi android user

KOMPAS.com - Tak bisa dipungkiri lagi bahwa smartphone Android menguasai pangsa pasar ponsel pintar di Indonesia. Beberapa firma riset pasar selalu menempatkan vendor smartphone Android di lima besar penguasa Tanah Air.

Dari banyaknya versi Android yang ada, Android 10 menjadi versi yang paling populer di Indonesia. Laporan perusahaan analitk StatCounter mencatat, Android 10 terinstal di 34,37 persen ponsel Android di Indonesia.

Adopsi Android 10 yang cepat ini tak lepas dari strategi Google yang mewajibkan seluruh ponsel Android keluaran tahun 2020 untuk menggunakan Android 10.

Data tersebut dihimpun StatCounter selama Februari 2020 sampai Februari 2021. Data ini juga menunjukkan jumlah adopsi Android versi lain.

Versi Android terpopuler berikutnya menurut StatCounter adalah Android 9 Pie dengan persentase 20,59 persen.

Selain itu, diketahui juga bahwa masih ada smartphone yang menggunakan Android versi lawas. Meskipun, jumlah tersebut kurang dari 50 persen dari total keseluruhan pengguna Android di Indonesia.

Baca juga: Ini Tiga Kelebihan Android 12 Dibandingkan Android 11

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebanyak 15,36 persen diketahui masih mengunakan Android 8.1 Oreo yang telah dirilis pada 2017. Sementara Android 6 Marshmallow yang dirilis pada 2015 lalu, masih digunakan sekitar 7,9 persen pengguna Android di Indonesia.

Angka tersebut sedikit lebih banyak dibandingkan Android 7 Nougat yang sejatinya lebih baru ketimbang Marshmallow. Persentase pengguna Android 7.1 Nougat sebesar 7 persen. Android 5 Lollipop yang dirilis sekitar enam tahun lalu, masih digunakan oleh 6,2 persen smartphone Android di Indoensia.

Grafis adopsi sistem operasi Android di Indonesia, versi StatCounter.StatCounter Grafis adopsi sistem operasi Android di Indonesia, versi StatCounter.
Laporan ini belum mencatat berapa jumlah adopsi Android 11 di Indonesia. Sedikit membahas Android 10, versi yang sempat memiliki kode nama Androi Q ini dirilis oleh Google bulan September tahun 2019 lalu.

Di versi ini pula, Google mulai menanggalkan nama kudapan manis sebagai nama sistem operasinya. Sejak Android 10, Google mulai menggunakan angka untuk penamaan Android yang berlanjut ke Android 11 yang dirilis tahun 2020.

Android 10 membawa beberapa fitur baru, seperti dukungan layar lipat, dukungan 5G, tema gelap, smart reply, kontrol orangtua, pengaturan privasi, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Bocoran Android 12, dari Nama Kode hingga Fitur Baru

Tidak hanya di Indonesia, Android 10 juga menjadi versi Android terpopuler di Amerika Serikat (AS) dengan persentase 33 persen, sebagaimana KompasTekno rangkum dari GSM Arena, Rabu (10/3/2021).

Sementara Android 11 yang dirilis tahun 2020, menguasai 25 persen populasi smartphone dan tablet Android di AS, hanya dalam waktu enam bulan setelah dirilis. Perlu diingat bahwa laporan StatCounter bukanlah laporan resmi dari Google.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.