Penemu Kaset Analog Louis Ottens Meninggal Dunia

Kompas.com - 11/03/2021, 08:07 WIB

KOMPAS.com - Louis Ottens, insinyur asal Belanda yang dikenal sebagai penemu kaset analog atau kaset tape recorder, meninggal dunia di usia 94 tahun.

Menurut laporan media lokal, NRC Handelsblad, Ottens wafat pada 6 Maret 2021 di Duizel, Belanda, namun berita duka baru diumumkan pihak keluarga baru-baru ini.

Belum diketahui penyebab kematian Ottens. Pria tersebut berjasa atas transformasi cara orang mendengarkan musik. Ia mengepalai divisi pengembangan produk perusahaan teknologi dan elektronik Belanda, Philips sejak tahun 1960.

Baca juga: Walkman Bakal Diproduksi Kembali, Kaset Pita Bakal Populer Lagi?

Saat itu, Ottens mengomandoi tim yang bertugas mengubah alat perekam pita reel-to-reel menjadi sesuatu yang portabel dan ramah konsumen. Tujuannya adalah membuat pita kaset bisa muat jika dimasukkan ke kantong jaket.

"Kaset itu dibuat karena kejengkelan dengan recorder yang ada (saat itu), sesederhana itu," kata Ottens seperti laporan NRC Handelsblad, yang dirangkum KompasTekno dari Rolling Stones, Kamis (11/3/2021).

Setelah proses pengembangan, kaset audio pertama diperkenalkan Philips di pemeran elektronik Berlin Radio pada Agustus 1963. Namun, beberapa perusahaan asal Jepang kemudian membuat iterasi kaset yang sama dengan berbagai macam ukuran.

Ottens akhirnya mencapai kesepakatan antara Sony dan Philips, untuk memastikan model kaset merekalah yang akan dipatenkan di pasaran. Melansir BBC, kemungkinan ada lebih dari 100 miliar kaset yang telah terjual di seluruh dunia sejak diperkenalkan tahun 1960.

Ottens pernah tampil dan membicarakan penemuannya dalam sebuah film dokumenter berjudul Cassette: A Documentary Mixtape. Dalam dokumenter tersebut, Ottens menyebut bahwa penemuannya bukan sekadar revolusi.

"Saya berharap penemuan itu akan sukses," kata Ottens.

Baca juga: Seperti Kaset VHS, DVD dan Blu-Ray Akan Punah?

Setelah kaset tape audio, Ottens terlibat dalam pengembangan compact disc (CD) yang kemudian terjual lebih dari 200 miliar di seluruh dunia hingga hari ini. Pada tahun 1982, ketika Philips memamerkan produksi CD player, Ottens mengatakan bahwa "pemutar rekaman konvensional sudah usang".

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.