5 Fitur Tersembunyi di Google Search

Kompas.com - 11/03/2021, 18:26 WIB
Ilustrasi mesin pencarian Google. SHUTTERSTOCKIlustrasi mesin pencarian Google.

KOMPAS.com - Apa yang kerap Anda tanyakan ke mesin pencarian Google? Berita terbaru, skor pertandingan, definisi istilah tertentu, atau mencari produk sebelum belanja online?

Saat ini, banyak orang di dunia menggantungkan informasi ke Google Search tentang apapun.
Melansir Oberlo, pada tahun 2020, trafik Google Search rata-rata mencapai 3,5 miliar per harinya.

Namun, tahukah Anda ada beberapa fitur tersembunyi di Google yang menarik untuk dicoba.
Beberapa di antaranya juga cukup berguna untuk aktivitas sehari-hari. Apa saja fitur tersebut?

1. Stopwatch/timer

Fitur tersembunyi Google Search untuk menggunakan stopwatch atau timer.Ist Fitur tersembunyi Google Search untuk menggunakan stopwatch atau timer.

Mendadak butuh timer atau stopwatch saat sedang bekerja di depan komputer? Tidak perlu meraih jam atau ponsel untuk membuka aplikasi stopwatch.

Baca juga: Iklan Google Akan Berhenti Mengintip Riwayat Browsing Pengguna

Anda bisa menggunakan stopwatch dan timer lansung dari mesin pencarian Google. Caranya sangat mudah. Cukup masukan kata kunci "stopwatch" atau "timer" di kolom pencarian Google.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Klik "stopwatch" jika butuh menghitung lama durasi atau pilih "timer" untuk memberi batas waktu untuk sesuatu. Pengguna bisa mengatur waktu yang dibutuhkan dengan cara mengklik angka, kemudian sesuaikan waktu yang dikehendaki. Jika waktu telah habis, akan ada suara alarm berbunyi sebagai penanda.

2. Pencarian domain

Tangkapan layar fitur tersembunyi Google Search mencari informasi berdasarkan domain.Ist Tangkapan layar fitur tersembunyi Google Search mencari informasi berdasarkan domain.

Biasanya, ketika kita mencari suatu isu di Google Search, hasil pencarian akan menyodorkan aneka macam situs yang berkaitan dengan kueri pencarian. Hal itu cukup membingungkan jika ingin memperoleh informasi dari situs tertentu, misalnya saja situs pemerintah.

Baca juga: Sejarah YouTube, Berawal dari Situs Kencan Online hingga Dibeli Google

Ada cara untuk mengakalinya. Cukup tambahkan "site: (domain)" di depan kata kunci. Sebagai contoh, ingin mencari informasi terkait corona dari pemerintah daerah Provinsi DKI Jakarta, maka kueri yang dimasukan ke Google Search adalah "site:go.id corona Jakarta". Kemudian, pencarian teratas yang muncul adalah situs resmi dari pemerintah DKI Jakarta terkait corona.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.