Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fitur Tersembunyi di Google Search

Kompas.com - 11/03/2021, 18:26 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apa yang kerap Anda tanyakan ke mesin pencarian Google? Berita terbaru, skor pertandingan, definisi istilah tertentu, atau mencari produk sebelum belanja online?

Saat ini, banyak orang di dunia menggantungkan informasi ke Google Search tentang apapun.
Melansir Oberlo, pada tahun 2020, trafik Google Search rata-rata mencapai 3,5 miliar per harinya.

Namun, tahukah Anda ada beberapa fitur tersembunyi di Google yang menarik untuk dicoba.
Beberapa di antaranya juga cukup berguna untuk aktivitas sehari-hari. Apa saja fitur tersebut?

1. Stopwatch/timer

Fitur tersembunyi Google Search untuk menggunakan stopwatch atau timer.Ist Fitur tersembunyi Google Search untuk menggunakan stopwatch atau timer.

Mendadak butuh timer atau stopwatch saat sedang bekerja di depan komputer? Tidak perlu meraih jam atau ponsel untuk membuka aplikasi stopwatch.

Baca juga: Iklan Google Akan Berhenti Mengintip Riwayat Browsing Pengguna

Anda bisa menggunakan stopwatch dan timer lansung dari mesin pencarian Google. Caranya sangat mudah. Cukup masukan kata kunci "stopwatch" atau "timer" di kolom pencarian Google.

Klik "stopwatch" jika butuh menghitung lama durasi atau pilih "timer" untuk memberi batas waktu untuk sesuatu. Pengguna bisa mengatur waktu yang dibutuhkan dengan cara mengklik angka, kemudian sesuaikan waktu yang dikehendaki. Jika waktu telah habis, akan ada suara alarm berbunyi sebagai penanda.

2. Pencarian domain

Tangkapan layar fitur tersembunyi Google Search mencari informasi berdasarkan domain.Ist Tangkapan layar fitur tersembunyi Google Search mencari informasi berdasarkan domain.

Biasanya, ketika kita mencari suatu isu di Google Search, hasil pencarian akan menyodorkan aneka macam situs yang berkaitan dengan kueri pencarian. Hal itu cukup membingungkan jika ingin memperoleh informasi dari situs tertentu, misalnya saja situs pemerintah.

Baca juga: Sejarah YouTube, Berawal dari Situs Kencan Online hingga Dibeli Google

Ada cara untuk mengakalinya. Cukup tambahkan "site: (domain)" di depan kata kunci. Sebagai contoh, ingin mencari informasi terkait corona dari pemerintah daerah Provinsi DKI Jakarta, maka kueri yang dimasukan ke Google Search adalah "site:go.id corona Jakarta". Kemudian, pencarian teratas yang muncul adalah situs resmi dari pemerintah DKI Jakarta terkait corona.

3. Mencari IP address

Tangkapan layar fitur tersembunyi Google Search untuk mencari IP address.Ist Tangkapan layar fitur tersembunyi Google Search untuk mencari IP address.

Jika tiba-tiba Anda memerlukan alamat IP untuk suatu keperluan, tidak perlu bingung. Anda bisa mengetahui alamat IP lewat Google Search dengan memasukan kata kunci "my ip" atau "what is my ip". Lalu, Google akan langsung memberi tahu IP address yang Anda butuhkan.

4. Mencocokkan zona waktu

Tangkaan layar fitur tersembunyi Google Search untuk mencocokan zona waktu.Ist Tangkaan layar fitur tersembunyi Google Search untuk mencocokan zona waktu.

Saat pandemi, banyak karyawan yang bekerja di perusahaan asing harus mencocokan jadwal dengan koleganya di luar negeri. Perbedaan zona waktu sering menjadi kendala untuk melakukan pertemuan virtual.

Baca juga: Elon Musk Tidur Tak Kurang dari 6 Jam Sehari, Ini Alasannya

Misalnya, kolega meminta pertemuan virtual pukul 10.00 waktu Amerika Serikat. Tidak perlu repot-repot menghitung selisih waktu untuk menyesuaikan jadwal di Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com